Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sarana Mitra Luas (SMIL) IPO, Pasang Harga Rp100-Rp200 per Saham

Perusahaan rental forklift, PT Sarana Mitra Luas Tbk. (SMIL) menetapkan harga penawaran awal IPO Rp100-Rp200 per saham.
Perusahaan rental forklift, PT Sarana Mitra Luas Tbk. (SMIL) menetapkan harga penawaran awal IPO Rp100-Rp200 per saham. /deltajkt.co.id
Perusahaan rental forklift, PT Sarana Mitra Luas Tbk. (SMIL) menetapkan harga penawaran awal IPO Rp100-Rp200 per saham. /deltajkt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rental forklift, PT Sarana Mitra Luas Tbk. berencana melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) dengan membidik dana sekar sebesar Rp350 miliar. 

Calon emiten yang akan menggunakan kode SMIL ini menawarkan 1,75 miliar saham atau sebanyak-banyaknya 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan nilai nominal Rp50 setiap saham. 

SMIL menawarkan saham di harga Rp100 hingga Rp200 per saham. Alhasil, SMIL berpotensi meraup dana maksimal Rp350 miliar. 

Selain menerbitkan saham, SMIL juga menawarkan waran seri I sebanyak 2,45 miliar waran atau sebanyak banyaknya atau sebanyak-banyaknya 35 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO. 

Waran Seri I memiliki nilai nominal sebesar Rp50 dengan perbandingan 5:7, artinya 5 saham baru berhak atas 7 waran seri I. Total Hasil Pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp1,22 triliun. 

SMIL berencana menggunakan dana hasil IPO sebanyak 42,66 persen atau sekitar Rp149,31 miliar akan digunakan untuk pembelian 436 unit forklift dan material handling equipment lainnya dalam rangka menambah kapasitas dan diversifikasi unit rental SMIL. 

Kemudian, 18,39 persen atau sekitar Rp64,37 miliar akan digunakan untuk pembelian 505 unit lithium battery dan 500 unit lithium battery charger dalam rangka menunjang operasional electric forklift SMIL. Selanjutnya, sekitar 3,27 persen atau sekitar Rp11,43 miliar akan digunakan untuk pembelian 36 unit kendaraan operasional dalam rangka menunjang operasional SMIL. 

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji karyawan, pembayaran utang usaha, pembiayaan kegiatan operasional, dan lain-lain.

Sedangkan dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji karyawan, pembelian sparepart, biaya bahan bakar, pembiayaan kegiatan operasional, dan lain-lain.

Jadwal rencana IPO SMIL yaitu:

  • Masa Penawaran Awal: 30 Maret – 11 April 2023
  • Tanggal Efektif: 28 April 2023 
  • Masa Penawaran Umum: 3 – 8 Mei 2023 
  • Tanggal Penjatahan: 8 Mei 2023 
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I: 9 Mei 2023 
  • Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I: 10 Mei 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper