Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Sinergi GOTO dan Telkom Tembus Rp507 Miliar Naik 50 Persen

Nilai sinergi antara PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dengan Grup Telkom tembus Rp507 miliar.
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Nilai sinergi antara PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dengan Grup Telkom tembus Rp507 miliar.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam akhir tahun lalu memaparkan emiten teknologi itu telah memberikan kontribusi bagi pemegang sahamnya. Hendri mengatakan sinergi antara Telkomsel dan GoTo telah menghasilkan Rp507 miliar serta mendorong percepatan dan memperkuat ekosistem digital grup.

"Hingga September 2022, synergy value yang dihasilkan mencapai Rp507,3 miliar atau tumbuh 50,3 persen secara tahunan," kata Hendri dikutip dari situs resmi perseroan, Kamis (23/3/2023).

Menurutnya sinergi antara keduanya telah memperkuat layanan berbasis digital, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman bagi konsumen dan pelaku usaha kecil (UMKM) di Indonesia.

Selain itu, keduanya menciptakan inovasi kolaborasi layanan bersama. Misalnya, Paket Swadaya Telkomsel atau paket data internet khusus untuk mitra driver Gojek dan merchant GoFood, digitalisasi mitra reseller/outlet Telkomsel di ekosistem GoShop serta solusi layanan Call Masking dari Telkomsel nGage.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menegaskan dalam melakukan investasi digital, TelkomGroup fokus tidak hanya kepada capital gain semata. Namun, lebih pada potensi sinergi yang dihasilkan baik bagi TelkomGroup maupun BUMN.

"Saat ini nilai sinergi Telkomsel-GoTo yang dihasilkan sudah cukup besar bahkan tumbuh di atas 50 persen daripada tahun lalu," tutur Ririek. 

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menjelaskan investasi Grup Telkom melalui Telkomsel ke GOTO dilatarbelakangi oleh terbukanya peluang pengembangan bisnis yang bertujuan untuk terus menghadirkan potensi new revenue generator beyond connectivity.

“Sehingga, Telkomsel tetap berkomitmen dan optimistis dengan keberlanjutan langkah strategis tersebut,” kata Reza dalam jawabannya kepada Bisnis, dikutip Kamis (23/3/2023).

Reza mengatakan Telkomsel memiliki fokus jangka panjang dalam investasinya di GOTO dan terus mendorong peningkatan pertumbuhan bisnis ke depan. Target itu bakal dicapai melalui upaya synergy value yang berkesinambungan dengan memanfaatkan keunggulan aset kedua perusahaan.

“Sejauh ini, dari synergy value yang telah terbangun antara Telkomsel bersama GoTo telah memperkuat layanan berbasis digital, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman bagi konsumen dan pelaku usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang turut mendorong performansi lini bisnis utama Telkomsel, serta mengembangkan potensi inovasi kolaborasi layanan bersama,” paparnya.

Adapun kolaborasi yang dijalin keduanya mencakup di antaranya penyediaan paket data internet untuk mitra pengemudi Gojek dan merchant GoFood dan digitalisasi mitra reseller Telkomsel di ekosistem GoShop.

Telkomsel dan GOTO juga tercatat membentuk perusahaan patungan publisher game Majamojo melalui PT Telkomsel Ekosistem Digital (anak usaha Telkomsel) dan PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (anak usaha GoTo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper