Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakuwon (PWON) Siapkan Rp830 Miliar Garap Proyek di Bekasi dan Surabaya

PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) menyiapkan dana sekitar Rp830 miliar untuk pembangunan tiga proyek pada 2023.
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) menyiapkan dana sekitar Rp830 miliar untuk pembangunan tiga proyek pada 2023. Jumlah tersebut sekitar 34,58 persen dari total dana anggaran belanja modal atau capital expenditure Rp2,4 triliun.

Direktur PWON Ivy Wong mengatakan sebanyak Rp830 miliar akan digunakan untuk pembangunan Pakuwon Residence Bekasi, Pakuwon City Surabaya, dan Pakuwon Mall Surabaya.

“Total capex untuk konstruksi itu adalah Rp830 miliar,” ujar Ivy saat ditemui di Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Pembangunan proyek Pakuwon Residence Bekasi sudah mencapai 15 persen dari keseluruhan pembangunan. Pembangunan untuk proyek apartemen tersebut saat ini sudah mencapai ketinggian tujuh lantai.

Kemudian untuk Pakuwon City Surabaya, PWON berencana menambah gedung bangunan. Lalu, untuk Pakuwon Mall Surabaya akan dibangun dua kondominium dan Hotel Aloft. Saat ini, PWON tengah memasuki tahap kelima untuk pembangunan tiga menara kondominium di lokasi Pakuwon Mall.

PWON telah menyediakan dana Rp1,5 triliun untuk pembelian lahan di Batam, Jawa Tengah, dan Bali. Adapun, PWON sudah mendapatkan harga tetap dan mulai mencicil untuk lahan di Batam. PWON sudah melakukan akuisisi lahan seluas 13 hektare di Batam. Adapun saat ini proyek di Batam sedang dalam proses desain.

Dia menyebut saat ini pihaknya sedang mengkaji untuk melakukan akuisisi lahan di Jawa dan juga Bali. PWON sudah membeli satu buah hotel di Bali dan kemungkinan masih akan melakukan akuisisi lagi. Namun, dia enggan menyebutkan berapa nilai akuisisi tersebut.

Lebih lanjut, Ivy mengatakan dana capex akan berasal dari kas internal. Hal ini lantaran PWON masih memiliki posisi kas senilai Rp7,9 triliun. “Posisi kas kami ada Rp7 triliun lebih ya,” katanya.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2022, PWON tercatat memiliki kas dan setara kas akhir periode sebesar Rp7,92 triliun. Jumlah tersebut meningkat dari Rp5,93 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Jumlah capex yang disiapkan oleh PWON menurun dari Rp2,8 triliun untuk 2022 menjadi Rp2,4 triliun untuk 2023. Sepanjang 2022, PWON sudah merealisasikan Rp967 miliar dari Rp2,8 triliun yang dianggarkan.  Dana tersebut digunakan untuk pembangunan Pakuwon City Mall Bekasi serta renovasi di Yogyakarta dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper