Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KSO WIKA dan JKON Targetkan Sodetan Ciliwung Rampung April 2023

Targetnya, Sodetan Ciliwung yang bakal kurangi banjir di Jakarta ini rampung pada April 2023.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  22:38 WIB
KSO WIKA dan JKON Targetkan Sodetan Ciliwung Rampung April 2023
Proyek Sodetan Ciliwung - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.  (WIKA) dan PT Jaya Konstruksi Tbk. (JKON) sebagai kontraktor pelaksana proyek Pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur berhasil menorehkan Breakthrough Line 1, menyelesaikan pembangunan tunnel 2 jalur yang menghubungkan antara Inlet hingga ke Outlet.

Targetnya, Sodetan Ciliwung yang bakal kurangi banjir di Jakarta ini rampung pada April 2023.

Breakthrough ini disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito beserta Manajer Proyek Farida Maharani.

Presiden Joko Widodo menyampaikan proyek Sodetan Ciliwung menjadi solusi atas banjir di Ibu Kota yang diperkirakan debit air Sungai Ciliwung sebesar 60 m3/detik dapat dialirkan ke Kanal Banjir Timur melalui terowongan.

"Di hulu sudah selesai dibangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang sebentar lagi akan selesai April 2023 ini, insya Allah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/1/2023).

Sementara itu, Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito menyampaikan breakthrough ini merupakan batu loncatan bagi pembangunan proyek Sodetan Ciliwung pengerjaannya menggunakan metode kerja yang cukup kompleks dipadukan dengan kemampuan untuk mengoperasikan teknologi konstruksi yang baik.

Metode Pipe Jacking pada proyek Sodetan ini menggunakan mesin Tunnel Boring Machine (TBM) tipe Earth Pressure Balance (EPB). Mesin EPB tersebut terhubung dengan pipa beton berdiameter luar 4,05m yang didorong (jacking) sepanjang 590m.

"Torehan ini juga membuktikan kapasitas WIKA dalam menjawab tantangan yang ada di proyek pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur," lanjut Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wika wijaya karya sodetan ciliwung
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top