Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham GOTO Cetak Net Buy saat Bank Indonesia Naikkan Suku Bunga

saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mencatatkan net buy asing saat Bank Indonesia (BI) memutuskan menaikkan suku bunga acuan.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan menaikkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7DRR) menjadi 5,75 persen hari ini. Indeks sektor teknologi tercatat ditutup menguat usai pengumuman peningkatan suku bunga ini, dengan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) yang mencatatkan net buy asing.

Indeks saham teknologi hari ini tercatat ditutup menguat 0,48 persen, dengan konstituennya GOTO dan PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) ikut ditutup menguat. Indeks IDXTECHNO sendiri telah menguat selama 4,25 persen sejak awal tahun hingga saat ini.

Asing mencatatkan net foreign buy di saham GOTO sebesar Rp84,07 miliar. Sepanjang perdagangan, asing membeli sebanyak 1,9 miliar saham GOTO, dengan nilai Rp212,5 miliar.

Pembelian paling banyak terhadap saham GOTO dilakukan oleh broker JP Morgan Sekuritas Indonesia dengan kode broker BK. Saham GOTO sendiri tercatat ditutup menguat 0,88 persen ke level 115 hari ini.

Sementara itu, saham saham BUKA mengalami aksi jual bersih senilai Rp6,7 miliar. Investor asing menjual sebanyak 42,8 juta saham BUKA, dengan nilai Rp11,1 miliar.

Penjualan paling banyak dilakukan oleh broker Mirae Asset Sekuritas Indonesia dengan kode YP. Adapun saham BUKA tercatat ditutup menguat 0,78 persen ke level 260 pada penutupan perdagangan hari ini.

Analis Phintraco Sekuritas Rio Febrian mengatakan penguatan IDXTECHNO sejak awal tahun ini lebih merupakan technical rebound setelah pelemahan signifikan yang khususnya terjadi di akhir tahun 2022 lalu.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menuturkan penguatan GOTO sejak awal tahun ini masih bisa berlanjut hingga memasuki Februari.

"Penguatan bisa berlanjut selama IHSG masih dalam tren yang juga positif, sehingga mood pelaku pasar masih baik. Atau juga hingga menjelang rilis laporan keuangan tahun penuh 2022," kata Ivan.

Ivan melanjutkan, yang perlu dicermati dari sisi teknikal adalah apabila GOTO mampu menguat dan bertahan di atas level 120 pada daily close price. Menurutnya, level tersebut akan membuka peluang saham GOTO menuju 136 hingga 154, dengan analisis fibonacci retracement untuk mencari target pembalikan harga.

"Tentunya dengan harga yang menunjukkan tren positif, dapat meningkatkan partisipasi pelaku pasar untuk kembali melirik saham ini," ucap Ivan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper