Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Jalin Kerjasama dengan WIFI, Manfaatkan Jaringan Serat Optik di Jalur Kereta Api

PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) menandatangani perjanjian kerjasama sewa menyewa dengan EXCL untuk pemanfaatan jaringan telekomunikasi di jalur kereta api
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono. /Surge
CEO PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) Hermansjah Haryono. /Surge

Bisnis.com, JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge melalui entitas anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) secara resmi telah menandatangani Perjanjian Sewa Menyewa Jaringan Telekomunikasi (Fiber Lease Agreement) dengan XL Axiata Tbk. (XLCL). Adapun jaringan telekomunikasi tersebut membentang sepanjang 3.599 Km yang berada di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa.

CEO Surge Hermansjah Haryono menuturkan XL Axiata menyewa jaringan telekomunikasi milik Weave dengan jangka waktu yang akan berlangsung selama 10 tahun hingga tahun 2032.

Hermansjah mengatakan, Surge menyambut baik pemanfaatan infrastruktur jaringan serat optik sepanjang jalur kereta Pulau Jawa milik Surge, dalam mendukung operasional dan  perkembangan bisnis XL Axiata.

“Dengan kerjasama yang tercipta dengan XL Axiata tentunya kami harapkan dapat memberikan manfaat optimal bagi kedua belah pihak ke depan dalam memberikan layanan konektivitas terbaik dan handal bagi para pengguna melalui pemanfaatan jaringan serat optik sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa," kata Hermansjah dalam keterangan resmi, Senin (26/12/2022).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan tujuan Surge dalam menghadirkan layanan terbaik bagi seluruh stakeholder industri telekomunikasi dalam menghadirkan jaringan internet yang handal di seluruh daerah di Pulau Jawa.

Dia melanjutkan, selama ini Surge telah bekerjasama dengan berbagai internet service provider (ISP), data center, cloud provider, maupun global partner di industri telekomunikasi. Dengan sinergi yang tercipta antara Surge dan XL Axiata, Hermansjah berkeyakinan hal ini akan memberikan perluasan akses bagi kedua belah pihak dalam mengoptimalkan potensi dalam menghadirkan layanan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi masyarakat.

Menurutnya, kerjasama ini juga meningkatkan pendapatan perseroan dari segmen bisnis Core Lease/Dark Fiber.

“Kami optimistis akan mengakselerasi ekonomi digital di Indonesia yang dimulai dari pemerataan akses konektivitas bagi seluruh masyarakat Indonesia, pendistribusian kapasitas hingga peningkatan kualitas sehingga seluruh pengguna dapat memanfaatkan internet secara positif dan maksimal," tutur Hermansjah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper