Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Garudafood (GOOD) setelah Hormel Foods Masuk Jadi Investor

Garudafood menyebutkan transaksi dengan Hormel Foods akan memperluas kemitraan dan mempererat hubungan GOOD dengan Hormel Foods Corporation.
Garudafood menyebutkan transaksi dengan Hormel Foods akan memperluas kemitraan dan mempererat hubungan GOOD dengan Hormel Foods Corporation. /Garudafood
Garudafood menyebutkan transaksi dengan Hormel Foods akan memperluas kemitraan dan mempererat hubungan GOOD dengan Hormel Foods Corporation. /Garudafood

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan makanan global asal Amerika Serikat Hormel Foods Corporation resmi menjadi pemegang saham mayoritas di PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. (GOOD).

Status tersebut diperoleh Hormel Foods setelah mengakuisisi 10.768.830.564 (10,76 miliar) lembar saham Garudafood dari sejumlah pemegang saham pada 15 Desember 2022. Jumlah saham tersebut setara dengan 29,18 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor Perseroan dari sejumlah pemegang saham.

Manajemen Garudafood menyebutkan transaksi dengan Hormel Foods akan memperluas kemitraan dan mempererat hubungan GOOD dengan Hormel Foods Corporation. Keduanya telah mendirikan perusahaan patungan yaitu PT Hormel Garudafood Jaya untuk bisnis nondaging di Indonesia pada 2019 dengan Hormel Foods Asia Pacific Pte. Ltd., anak perusahaan lainnya yang sepenuhnya dimiliki oleh Hormel Foods Corporation.

“Kami sangat bersemangat untuk terus memperluas dan memperkuat kemitraan kami dengan Hormel Foods dalam mengembangkan bisnis bersama di Indonesia. Hormel Foods memiliki sejarah perusahaan lebih dari 130 tahun sehingga banyak hal yang dapat kami pelajari dari mereka,” kata Presiden Direktur Garudafood Putra Putri Jaya Hardianto Atmadja, Minggu (18/12/2022).

Hardianto mengatakan Garudafood dan Hormel Foods juga menemukan kesamaan dalam hal budaya dan nilai-nilai perusahaan untuk kemitraan jangka panjang. Dia mengatakan terdapat beberapa potensi sinergi dan peluang pertumbuhan yang telah diidentifikasi, yaitu penggabungan kekuatan dan keahlian Hormel Foods dengan keberadaan dan pengetahuan pasar lokal Garudafood.

Memasuki 2023, Hardianto optimistis kinerja penjualan dan laba mampu lebih baik. Dia mengatakan optimisme ini didorong oleh performa 2022 yang konsisten tumbuh dua digit.

“Sudah pulihnya aktivitas dan mobilitas masyarakat turut mendukung kenaikan tren permintaan barang yang juga makin meningkat di masyarakat. Harapan kami iklim bisnis di tahun depan turut mendukung dan kondusif bagi kegiatan bisnis di Indonesia,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan kinerja, Garudafood bakal menerapkan berbagai strategi bisnis di antaranya meluncurkan produk baru untuk menjaga momentum pertumbuhan penjualan dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi di semua lini operasional.

“Sedangkan untuk penjualan daring, Garudafood bekerja sama dengan beberapa marketplace untuk menggarap channel B2B dan B2C channel yang lebih luas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper