Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual Saham Garudafood ke Hormel Foods, CVC Capital Potensi Cuan Rp1,37 Triliun

CVC Capital Partners tercatat mulai berinvestasi di GOOD pada Juni 2018 dengan menyuntikkan dana sebesar US$150 juta.
Ilustrasi Garudafood
Ilustrasi Garudafood

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan makanan global asal Amerika Serikat Hormel Foods Corporation resmi menjadi investor anyar di PT Garudafood Indonesia Tbk. (GOOD).

Masuknya Hormel Foods terjadi lewat aksi pembelian saham dari sejumlah investor.

Garudafood dalam siaran pers menyebutkan beberapa pemegang saham telah menjual sahamnya kepada Hormel Foods International Corporation (HFIC), anak usaha Hormel Foods Corporation.

Total saham yang diakuisisi HFIC mencapai 10.768.830.564 (10,76 miliar) lembar saham dan merupakan 29,18 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor Perseroan. Saham dibeli di harga Rp580 per saham sehingga total transaksi mencapai Rp6,24 triliun.

Salah satu pemegang saham yang melepas kepemilikannya di Garudafood adalah CVC Capital Partners.

Lewat perusahaan cangkangnya yang berbasis di Luksemburg, Pelican Company Limited, CVC melepas seluruh sahamnya di Garudafood sebanyak 6.102.685.450 lembar saham yang setara dengan 16,54 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan.

Transaksi penjualan saham ke Hormel Foods sendiri dilakukan di harga Rp580 per saham. Dengan demikian, total nilai penjualan saham tersebut mencapai Rp3,53 triliun.

CVC Capital Partners tercatat mulai berinvestasi di GOOD pada Juni 2018 dengan menyuntikkan dana sebesar US$150 juta, tak lama sebelum GOOD melantai di Bursa Efek Indonesia pada 10 Oktober 2018, berdasarkan data CB Insights.

Mengacu pada kurs Jisdor Bank Indonesia pada Juni 2018 yang berkisar di level Rp13.872—Rp14.404 per dolar AS, maka suntikan dana CVC ke Garudafood kala itu diestimasi mencapai Rp2,08 triliun hingga Rp2,16 triliun.

Potensi keuntungan yang diraup CVC dari divestasi saham Garudafood, mengacu pada kalkulasi di atas, mencapai Rp1,37 triliun.

Kabar hengkangnya CVC telah santer beredar sejak Agustus 2022. Keluarnya CVC dari struktur investor GOOD dinilai bertepatan dengan momentum ambil untung di tengah peluang pertumbuhan ekonomi yang pesat pasar Asia. Indonesia tercatat menorehkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,72 persen pada kuartal III/2022.

“Jalinan hubungan antara CVC dan dengan keluarga Soenjoto yang merupakan pengelola Garudafood selama ini merupakan kerja sama yang sukses,” kata Andy Purwohardono, partner di CVC dalam keterangan resmi.

Andy mengatakan Hormel Foods merupakan mitra yang tepat bagi Garudafood dan dia berharap keduanya dapat menorehkan keberhasilan pada masa mendatang.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Garudafood atas bisnis yang kuat dan terus tumbuh selama pandemi, termasuk dalam menciptakan inovasi terus-menerus,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper