Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap Bayar Dividen Interim, Saham UNVR Masih Mampu Menanjak?

Unilever Indonesia akan melakukan pembayaran dividen interim tahun buku 2022 pada 15 Desember 2022. Seberapa menarik saham UNVR?
Pegawai merapikan uang Rupiah di kantor cabang BNI, Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai merapikan uang Rupiah di kantor cabang BNI, Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Pergerakan harga saham PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) perlahan telah mencetak return positif untuk periode berjalan 2022.

Sampai dengan akhir perdagangan Jumat (2/12/2022), saham UNVR parkir di level Rp4.710. Posisi itu mencerminkan kenaikan 480 poin atau 11,35 persen year-to-date (ytd).

Manajemen Unilever Indonesia telah memutuskan untuk membagikan dividen interim untuk kinerja tahun buku 2022. Rencananya, pembayaran akan dilakukan pada 15 Desember 2022.

UNVR akan membagikan dividen interim sebesar Rp69 per saham atau total Rp2,63 triliun. Dividen interim ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp66 per saham.

Pembagian dividen interim digadang-gadang akan menjadi tenaga tambahan bagi pergerakan saham UNVR.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Roger M.M. menjelaskan bahwa yield UNVR kurang lebih 1,5 persen. Dia menilai hal ini bisa menjadi katalis positif sesaat untuk UNVR.

“Walaupun terbilang kecil secara yield, bagi pemegang saham UNVR memang cukup penting karena UNVR cukup rutin membagikan dividen sebanyak dua kali setahun,” jelasnya, baru-baru ini.

Katalis positif juga datang dari performa kuartal IV/2022 Unilever yang diproyeksikan tumbuh dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Di sisi lain, tekanan komoditas yang mereda bisa menjadi pendorong kinerja tambahan untuk UNVR di akhir tahun.

Unilever tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp10,08 triliun pada kuartal III/2022. Pendapatan tersebut lebih rendah daripada kuartal II/2022 yang mencapai Rp10,63 triliun dan kuartal I/2022 sebesar Rp10,84 triliun. Namun pendapatan di periode Juli—September 2022 lebih besar daripada periode yang sama pada 2021 sebesar Rp9,85 triliun.

Senada, Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya juga berpandangan bahwa pembagian dividen interim UNVR bisa menjadi katalis positif bagi sahamnya. 

“Pembagian dividen bisa jadi katalis. Selain itu, kinerjanya di kuartal IV/2022 berpotensi lebih baik karena komoditas bahan baku turun dan meningkatnya aktivitas masyarakat di akhir tahun bisa meningkatkan konsumsi pada produk-produknya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper