Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Semen Indonesia (SMGR) Siapkan Road Map Dekarbonisasi hingga 2030

Semen Indonesia (SMGR) berkomitmen terus melakukan upaya-upaya terbaik menerapkan prinsip industri hijau
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  20:45 WIB
Semen Indonesia (SMGR) Siapkan Road Map Dekarbonisasi hingga 2030
Semen Indonesia/https://semenindonesiabeton.com -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen semen BUMN, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) menyiapkan road map dekarbonisasi dengan target turunkan 515 kg CO²/ton semen hingga 2030.

Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan, sebagai penyedia solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia, SMGR berkomitmen terus melakukan upaya-upaya terbaik menerapkan prinsip industri hijau. Selain itu, SMGR juga memastikan pelanggan mendapatkan nilai tambah dari produk dan solusi yang berkekuatan tinggi dan ramah lingkungan.

“SMGR konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan pada setiap kegiatan operasional pabrik sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan stakeholders," katanya dalam keterangan Sabtu (3/12/2022).

SMGR terus berupaya memperkuat posisi sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan, mengembangkan produk dan solusi inovatif, berfokus pada peningkatan operational excellence, dan pengelolaan aspek keberlanjutan dalam menjalankan operasinya. Hal ini termasuk penyusunan sustainability road map yang dilakukan SMGR.

SMGR telah menyusun road map dekarbonisasi cakupan 1 yang menargetkan penurunan emisi karbon sebesar 515 kg CO2/ton semen pada 2030. Untuk mencapai target tersebut, Semen Indonesia Group (SIG) berkomitmen untuk meningkatkan thermal substitution rate (TSR) atau penghasil panas substitusi batu bara hingga 20 persen dan mengurangi clinker factor menjadi 61 persen pada 2030.

Hingga September 2022, SMGR berhasil menekan emisi karbon sebesar 2,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang dikontribusikan dari penurunan clinker factor sebesar 1 persen, dan peningkatan TSR sebesar 1,6 persen.

Baru-baru ini, delapan pabrik SMGR meraih penghargaan Industri Hijau 2022 kategori Kinerja Terbaik dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia. Penghargaan diberikan oleh Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenprin, Ignatius Warsito di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, pada Jumat (25/11).

Penghargaan Industri Hijau kategori Kinerja Terbaik diberikan oleh Kementerian Perindustrian kepada perusahaan industri yang telah berhasil mendapatkan Sertifikat Industri Hijau sesuai Standar Industri Hijau (SIH) dan mempertahankan konsistensi penerapan Standar Industri Hijau melalui pelaksanaan surveilan.

Delapan Pabrik SIG yang mendapatkan penghargaan Industri Hijau 2022 kategori Kinerja Terbaik adalah Pabrik Tuban (SIG), Pabrik Indarung (PT Semen Padang), Pabrik Pangkep (PT Semen Tonasa), Pabrik Rembang (PT Semen Gresik), Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. yang berada di Narogong, Cilacap dan Tuban, serta Pabrik Lhoknga yang dioperasikan oleh PT Solusi Bangun Andalas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smgr semen indonesia
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top