Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Investor Wajib Tau, Ini 5 Tindakan Irasional saat Investasi dan Solusinya

Lima tindakan irasional saat berinvestasi tersebut adalah mental accounting, herd behavior, emotional gab, anchoring, dan self-attribution.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  15:37 WIB
Investor Wajib Tau, Ini 5 Tindakan Irasional saat Investasi dan Solusinya
Perencana Keuangan dan Founder Finansialku Melvin Mumpuni dalam Indo Premier Festifund 2022, Sabtu (3/12 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berinvestasi, investor akan sering kali melakukan tindakan irasional dalam membuat keputusan. Perencana keuangan menilai terdapat lima tindakan irasional yang kerap kali dilakukan investor. 

Perencana Keuangan dan Founder Finansialku Melvin Mumpuni menekankan ke investor pentingnya mengenali 5 tindakan irrasional yang biasa dilakukan investor sehingga membuat investasi tidak maksimal. 

Lima tindakan tersebut adalah mental accounting, herd behavior, emotional gab, anchoring, dan self-attribution.

"Solusi agar bisa rasional dalam investasi, jelasnya, yakni dengan merancang dan menempatkan dana investasinya pada pos-posnya yang sudah ditentukan," kata Melvin dalam Indo Premier Festifund 2022, Sabtu (3/12/2022). 

Selanjutnya, investor wajib melakukan review secara berkala, setidaknya satu kali dalam satu bulan untuk memastikan tracking progress, apakah hasil investasi sudah sesuai dengan rencana atau belum dan apakah investasi bulanan masih tetap rutin dijalankan atau tidak. 

Menurutnya, review berkala akan menjaga investor tetap objektif dalam memutuskan tindakan investasi dan mengurangi bias investasi.

"Review portofolio sarannya sebulan sekali, apalagi kalau kita adalah karyawan yang melakukan top up setiap bulan," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trading investor investasi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top