Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panin AM Dulang Cuan dari Reksa Dana Campuran, Simak Resepnya

Produk milik Panin Asset Management (Panin AM), yaitu Panin Dana Bersama, menjadi instrumen reksa dana campuran dengan return tertinggi sepanjang tahun 2022.
Panin Asset Management/linkedin.com
Panin Asset Management/linkedin.com

Bisnis.com, JAKARTA – Produk milik Panin Asset Management (Panin AM), yaitu Panin Dana Bersama, menjadi instrumen reksa dana campuran dengan return tertinggi sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan laporan Infovesta Utama yang dikutip pada Senin (28/11/2022), reksa dana campuran mencatatkan return sebesar 4,27 persen secara year to date (ytd) hingga 25 November 2022. Kinerja tersebut berada di atas reksa dana pasar uang yang mencatatkan pertumbuhan 2,37 persen.

Sementara itu, reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap masing – masing mencatatkan return sebesar 1,14 persen dan 0,63 persen ytd.

Salah satu produk reksa dana campuran dari Panin Asset Management, yakni Panin Dana Bersama mencatatkan return tertinggi sepanjang tahun berjalan. Reksa dana campuran tersebut tercatat membukukan pertumbuhan kinerja 45,42 persen ytd.

Terkait hal tersebut, Direktur Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan strategi pengelolaan portofolio pada reksa dana campuran dibagi sesuai dengan kategori produk tersebut.

“Pengelolaan reksa dana campuran dibagi sesuai kategorinya. Produk dengan mayoritas aset saham oleh MI reksa dana saham, sementara itu obligasi dan pasar uang oleh MI fixed income,” jelasnya saat dihubungi, Senin (28/11/2022).

Khusus untuk Panin Dana Bersama, pengelolaan portofolio menitikberatkan pada strategi value investing. Ia memaparkan dalam pemilihan efek pihaknya melakukan analisa secara mendalam dari fundamental dan valuasinya.

Rudiyanto melanjutkan produk reksa dana campuran milik Panin AM yang alokasi aset pada saham di atas 50 persen adalah Panin Dana Bersama, Panin Dana Bersama Plus, dan Panin Dana Unggulan. Sementara itu, produk dengan alokasi aset saham dibawah 50 persen adalah Panin Dana Prioritas dan Panin Dana Syariah Berimbang.

“Masing – masing produk sudah ada kebijakannya,” imbuh Rudiyanto.

Secara umum, Rudiyanto memprediksi kinerja reksa dana campuran masih tetap optimal hingga akhir 2022. Hal ini ditopang oleh prospek laporan keuangan tahunan emiten yang positif serta sentimen tren suku bunga global dan Indonesia.

Berdasarkan informasi pada laman resmi perusahaan, portofolio Investasi Panin Dana Bersama per Oktober 2022 sebanyak 69,38 persen berada di aset saham. Investasi saham terbesar pada produk ini adalah ADRO, ADMF, BDMN, BUMI, EXCL, PNBN, PNLF, dan SMRA.

Selanjutnya sebanyak 25,68 persen berada di kas dan pasar uang, tepatnya pada Deposito Deutsche Bank AG. Kemudian, 4,94 persen dialokasikan pada Obligasi Negara seri FR0079.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper