Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Hanya EMTK & SCMA, Saham ICBP Bisa Cuan Berkat Piala Dunia 2022

Ajaib Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham SCMA. Entitas Grup Emtek ini tengah berada dalam tren bullish dan berhasil breakout resistance.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 22 November 2022  |  09:04 WIB
Tak Hanya EMTK & SCMA, Saham ICBP Bisa Cuan Berkat Piala Dunia 2022
Trofi Piala Dunia U-20 - FIFA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ajang Piala Dunia 2022 telah bergulir sejak Minggu (20/11/2022), yang dinilai menjadi sentimen positif bagi saham SCMA, EMTK, hingga ICBP

Financial Expert Ajaib Sekuritas M. Julian Fadli mengatakan ajang Piala Dunia 2022 menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Hal ini lantaran ajang tersebut turut meningkatkan konsumsi masyarakat yang akan berdampak positif terhadap pendapatan saham (fast moving consumer goods) FMCG.

Meningkatnya konsumsi masyarakat saat Piala Dunia tak lepas dari kebiasaan masyarakat yang membeli cemilan ketika menyaksikan pertandingan sepak bola. Kenaikan permintaan produk dari konsumen jelas menjadi katalis positif bagi saham FMCG.

Tren positif daripada sektor FMCG dapat terlihat dari data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2022 sebesar 117,2 yang masih berada di level optimisme. Selain itu, perekonomian Indonesia yang tumbuh 5,44 persen pada semester I/2022 juga menumbuhkan optimisme investor akan kinerja keuangan tahun 2022.

"Dengan kembali normalnya mobilitas masyarakat turut mendorong daya beli konsumsi konsumen, dan optimisme investor dalam melirik saham-saham FMCG," ujar Julian dalam risetnya pada Senin (21/11/2022).

Selain itu, investor juga akan mengakumulasi saham-saham yang terkait dengan Piala Dunia 2022 seperti SCMA dan EMTK. Kedua saham tersebut melalui produk Vidio merupakan penyiar resmi atau official broadcaster Piala Dunia 2022 di Indonesia.

Sepanjang tahun ini SCMA gencar menambah konten-konten eksklusif seperti konten olahraga pada platform Vidio. Ini merupakan upaya SCMA untuk membawa Vidio bertahan sebagai over the top (OTT) nomor 1 di Indonesia yang tercermin dari sisi Active Monthly Users dan Total Streaming Minutes berdasarkan hasil riset Media Partner Asia.

Ajaib Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham SCMA. Entitas Grup Emtek ini tengah berada dalam tren bullish dan berhasil breakout resistance. SCMA memiliki target resistance pada level 290 dengan support di level 258.

Lakukan cut loss apabila break support kuat pada level 250.

Saham EMTK selaku induk SCMA juga berpotensi mendapat berkah dengan adanya pendapatan iklan dari gelaran Piala Dunia 2022. EMTK sendiri akan menayangkan seluruh pertandingan pada semua platform siaran Grup Emtek.

Dengan demikian, baik pendapatan EMTK maupun SCMA berpotensi tumbuh dimana hal ini akan memperkuat arus kas dan laba perseroan.

EMTK mendapat rekomendasi buy dengan target harga 1.800. Sementara support pada Moving Average (MA) 5 di kisaran 1.670. Lakukan cutloss apabila break support kuat di level 1.650.

Saham berikutnya yang mendapat rekomendasi dari Ajaib Sekuritas adalah sektor FMCG, yakni ICBP. Penjualan makanan ringan diprediksi meningkat seiring berjalannya ajang Piala Dunia 2022. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang menyaksikan sepakbola sambil menikmati cemilan.

Adanya kebiasaan tersebut menjadi sentimen positif bagi saham ICBP. Terlebih Bank Indonesia (BI) mencatatkan kinerja penjualan eceran tumbuh 4,6 persen secara year-on-year (yoy) per September 2022.

Kinerja penjualan juga ditopang oleh pertumbuhan penjualan makanan, minuman, dan tembakau yang meningkat 8,1 persen secara yoy.

ICBP mendapat rekomendasi buy dengan kisaran 9.700-9.750. Kemudian resistance berada di level 10.200 dan cutloss dilakukan apabila break support pada level 9.500.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emtek surya citra media indofood cbp sukses makmur rekomendasi saham piala dunia 2022
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top