Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa itu Ekspor? Ini Tujuan, Jenis, dan Contoh Komoditasnya

Ekspor adalah pengiriman barang atau komoditas yang diperdagangkan ke luar negeri. Simak penjelasan lengkapnya. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 18 November 2022  |  15:40 WIB
Apa itu Ekspor? Ini Tujuan, Jenis, dan Contoh Komoditasnya
Ekspor / freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada peraturan pemerintah Nomor 10 tahun 2021, ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean. Daerah pabean merupakan suatu daerah milik Republik Indonesia yang terdiri dari wilayah darat, perairan dan udara yang juga mencangkup daerah tertentu yang berada dalam Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE). 

Ekspor merupakan kegiatan badan hukum atau perorangan yang melakukan ekspor. Kegiatan ekspor yang dilakukan dalam skala besar tentunya akan melibatkan Bea Cukai sebagai pengawas lalu lintas suatu negara. Aktivitas ekspor biasanya terjadi Ketika suatu negara sudah mampu memproduksi barang atau jasa dengan jumlah yang besar. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang ekspor yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tujuan ekspor

  • Menumbuhkan industri dalam negeri
    Permintaan ekspor yang meningkat pada suatu produk akan berdampak langsung pada perkembangan industri dalam suatu negara. Dengan begitu, kegiatan ekspor akan menghasilkan iklim usaha yang lebih kondusif. Kemudian negara tersebut akan membiasakan dirinya untuk kan dirinya untuk bersaing dengan pesaing yang ketat dalam perdagangan internasional. 
  • Memperbanyak lapangan kerja 
    Dengan tujuan ini, kegiatan ekspor juga turut menekan angka pengangguran. Selain itu, pertumbuhan ekspor di Indonesia akan memunculkan lapangan pekerjaan yang menyebabkan penurunan angka kemiskinan. 
  • Mengendalikan harga produk 
    Negara yang melakukan kegiatan ekspor adalah yang mampu memanfaatkan over kapasitas pada suatu produk. Dengan begitu, negara tersebut dinilai bisa mengendalikan harga produk ekspor yang terjadi di negaranya. 

Sebab, produk dalam negeri akan memiliki harga yang lebih murah Ketika mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah. Agar negara mampu mengendalikan harga di pasar, maka ia melakukan kegiatan ekspor ke negara yang lebih membutuhkan produk tersebut. 

  • Menambah devisa negara 
    Nilai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing disebut devisa. Untuk perkembangan ekonomi suatu negara, aktivitas atau kegiatan ekspor adalah akan memberikan dampak positif. 

Adanya kegiatan ekspor bermanfaat untuk membuka peluang pasar baru di luar negeri. Peluang tersebut akan menumbuhkan perluasan pasar domestik, investasi atau devisa pada suatu negara. 

2. Komoditas ekspor Indonesia

  • Batu bara 
    Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar ketiga di dunia, setelah China dan India. Produksi batu bara bisa mencapai lebih dari 500 juta ton per tahun, sementara pengiriman domestic masih rendah, sehingga Sebagian besar batu bara atau sekitar 70 persen batu bara dikirim ke luar negeri. 
  • Kelapa sawit 
    Indonesia dikenal sebagai raja kelapa sawit karena menguasai sekitar 55 persen pasar ekspor sawit global. Tahun lalu, data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat volume ekspor minyak kelapa sawit mencapai 34 juta ton senilai US$22,97 miliar. 

Kelapa sawit dan turunannya termasuk dalam golongan barang lemak dan minyak hewani atau nabati. BPS mencatat capaian ekspor golongan barang ini paling tinggi dalam kategori ekspor non migas. 

  • Alas kaki 
    Tidak hanya sektor perkebunan dan pertambangan, Indonesia juga mengekspor produksi industry. Salah satu hasil produksi industri unggulan ekspor yaitu alas kaki. Produk alas kaki dikirim ke mancanegara ini meliputi sepatu olahraga, sepatu Teknik lapangan, dan juga alas kaki untuk kebutuhan sehari-hari. Produksi alas kaki ini dijual ke berbagai negara meliputi AS, Belgia, China, Jerman dan Jepang. 
  • Besi dan baja 
    Pada November tahun 2021, ekspor besi dan baja mencapai US$ 276 juta. Pemerintah terus mendorong ekspor besi dan baja melalui program hilirisasi atau pengolahan biji nikel menjadi besi dan baja. Produksi besi dan baja buatan Indonesia diekspor ke sejumlah negara seperti China, Korea Selatan, India, Thailand, hingga Singapura. 

3. Jenis ekspor

  • Ekspor langsung 
    Ekspor langsung merupakan cara menjual suatu produk baik barang ataupun jasa dengan bantuan eksportir yang ada di negara tujuan. Penjualan terjadi melalui distributor atau perwakilan penjualan perusahaan. Selain itu, kelebihan dari jenis ekspor langsung ini adalah lebih baiknya produksi yang terpusat di negara asal dan kontrol distribusi produk. 
  • Ekspor tidak langsung 
    Ekspor tidak langsung merupakan cara menjual barang dengan melalui eksportir di negara asal, kemudian barangnya akan dijual oleh eksportir tersebut. Jenis tidak langsung ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbanding terbalik dengan jenis langsung. Kelebihannya adalah sumber daya produksi akan terkonsentrasi dan tidak perlu lagi untuk menangani proses nya secara langsung. Kekurangannya adalah kontrol terhadap distribusi kurang dan pengetahuan terhadap operasi di negara lain kurang. 
  • Contoh ekspor 
    Ekspor hasil laut 
    Indonesia terkenal akan sumber daya lautnya. Udang menjadi komoditas utama ekspor Indonesia, untuk hasil laut. Komoditas ekspor ini banyak dikirim ke negara Jepang, Malaysia, Singapura, Jerman dan lainnya. 
  • Ekspor hasil perkebunan 
    Indonesia memiliki banyak perkebunan yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Contohnya seperti perkebunan kelapa sawit, teh, kopi hingga karet. Hasil perkebunan ini banyak diekspor ke berbagai negara di dunia, seperti Malaysia, Jepang, Jerman, China dan lain-lain. 

Itulah beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang ekspor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor ekspor indonesia ekpsor komoditas indonesia negara komoditas tips bisnis ekonomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top