Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stockbit dan Ajaib Sekuritas Kena Semprot BEI, Bagaimana Kelanjutannya?

Dua sekuritas kenamaan Indonesia, Stockbit dan Ajaib kena semprot BEI. Apa tanggapan keduanya?
Ajaib Sekuritas kena semprot BEI
Ajaib Sekuritas kena semprot BEI

Bisnis.com, SOLO - Stockbit dan Ajaib Sekuritas mendapat teguran tertulis dari BEI pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Bursa, kedua sekuritas tersebut belum sepenuhnya menerapkan beberapa ketentuan. Antara lain, Pedoman Fasilitas Pesanan Langsung dan Automated Ordering dan Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi Operasional Brokerage Office System (BOFIS) Anggota Bursa Efek.

Apa itu?

BEI sendiri sudah menetapkan aturan tentang Fasilitas Pesanan Langsung dan Automated Ordering dan Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi Operasional Brokerage Office System (BOFIS) dengan Nomor Kep-00010/BEI/02-2022.

Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa Automated Ordering sebagai pesanan secara elektronik yang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam mengeksekusi pesanan perdagangan Efek tanpa intervensi manusia untuk mencapai tujuan tertentu berdasarkan algoritma dan parameter yang telah ditetapkan antara lain volume, harga, instrumen, pasar, jenis, waktu, dan berita.

Sementara itu, Brokerage Office System (BOFIS) adalah sistem Perusahaan Efek yang meliputi front office sampai dengan back office termasuk pengendalian risiko yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan remote trading dan operasional sebagai Anggota Bursa Efek dan telah memperoleh pernyataan layak oleh Bursa.

Terkait dengan aturan mengenai teknologi informasi, Anggota Bursa diwajibkan memiliki petugas pada fungsi Manajemen Risiko atau Teknologi Informasi yang dapat mengawasi dan berwenang untuk mengambil tindakan termasuk tetapi tidak terbatas pada intervensi atas pola penyampaian pesanan yang dapat menyebabkan erroneous pada sistem perdagangan Bursa maupun Anggota Bursa Efek dan/atau pesanan yang timbul karena adanya erroneous di sistem Anggota Bursa Efek.

Terus bagaimana?

Tenang, Stockbit dan Ajaib Sekuritas telah menjawab teguran BEI tersebut dengan bertanggung jawab.

Melalui keterangan resminya, Ajaib mengklarifikasi jika mereka sudah aktif menerapkan dan memperbaruhi sistem keamaan.

Ajaib juga menegaskan bahwa pengguna bisa terus bertransaksi secara aman dan nyaman dengan menggunakan sekuritas yang satu ini.

"Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbarui berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna," tulis manajemen dalam keterangan resmi, Kamis (27/10/2022).

Sementara dari Stockbit mengatakan jika masalah tersebut sudah diperbaiki. Teguran dari BEI adalah masalah yang terjadi pada Agustus 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper