Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Soal Peluang Ekspor ke Eropa, Begini Jawaban Indika Energy (INDY)

Indika Energy (INDY) menyebut batu bara dari Indonesia memiliki spek dan karakteristik yang berbeda dengan kriteria permintaan negara-negara Eropa.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 09 Oktober 2022  |  08:42 WIB
Soal Peluang Ekspor ke Eropa, Begini Jawaban Indika Energy (INDY)
Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg - Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia dan Ukraina yang masih berlanjut membuat negara-negara Eropa mengalihkan penggunaan energinya ke batu bara untuk pembangkit listrik. Indonesia menjadi salah satu negara produsen yang dilirik oleh Eropa untuk memasok batu bara.

Salah satu emiten batu bara, PT Indika Energy Tbk. (INDY) menuturkan sempat mendapatkan tambahan permintaan dari Eropa.

Head of Corporate Communication Indika Energy Ricky Fernando menuturkan, peluang tambahan permintaan batu bara ini terhalang oleh kriteria batu bara yang diminta Eropa.

"Kebanyakan batubara produksi Indonesia, termasuk oleh INDY, memiliki spek dan karakteristik yang berbeda dengan kriteria permintaan batu bara dari Eropa," kata Ricky kepada Bisnis, dikutip Minggu (9/10/2022).

Sebagai informasi, sepanjang kuartal II/2022, volume penjualan batu bara INDY mayoritas disalurkan untuk ekspor, yakni sebanyak 5,4 juta ton. Sementara itu, untuk pasar domestik 2,6 juta ton.

Ekspor terbesar INDY hingga kuartal II/2022 adalah ke China sebanyak 37 persen, ke Asia Tenggara 15 persen, India 7 persen, Taiwan 4 persen, Korea Selatan 3 persen, dan Jepang 2 persen.

Penjualan batu bara INDY kepada pelanggan luar negeri mencapai US$1,5 miliar hingga semester I/2022. Sementara itu, penjualan ke pelanggan dalam negeri mencapai US$258 juta di periode yang sama.

Adapun, Ricky menuturkan INDY akan terus mengoptimalikan kinerja dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas, untuk mencapai target produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indika energy batu bara eropa ekspor batu bara Perang Rusia Ukraina
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top