Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centratama (CENT) Akuisisi 396 Menara Total Dana Rp1,17 Triliun

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT), melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) melakukan akuisisi sebanyak 396 unit.
Logo Centratama Group/centratamagroup.com
Logo Centratama Group/centratamagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT), melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) melakukan akuisisi sebanyak 396 unit menara dan menyewa satu unit menara dari PT Anugerah Communication.

Manajemen CENT dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, obyek transaksi terletak pada lahan yang dimiliki oleh PT Kelola Multi Bakti (KMB) dan yang dimiliki pihak ketiga. Rinciannya, sebanyak 218 obyek transaksi terletak pada lahan KMB, dan 179 obyek transaksi terletak di lahan pihak ketiga.

"Nilai rencana transaksi secara keseluruhan adalah Rp1,17 triliun, dengan pembelian obyek transaksi sebesar Rp1,15 triliun dan untuk penyewaan lahan KMB adalah Rp19,7 miliar," tulis manajemen, dikutip Selasa (4/10/2022).

Manajemen CENT melanjutkan, alasan dilakukannya transaksi ini adalah untuk meningkatkan jumlah portofolio aset menara telekomunikasi milik grup CENT.

"CENT dan CMI selalu mencari peluang untuk mengembangkan bisnis persewaan menara telekomunikasi dari grup perseroan, baik melalui pertumbuhan secara organik maupun akuisisi menara telekomunikasi," ujarnya.

CENT menuturkan, terdapat beberapa manfaat dari akuisisi ini, yakni bertambahnya jumlah menara yang dimiliki oleh CENT dan CMI dapat memperkuat posisi CENT sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia menara telekomunikasi.

Manfaat selanjutnya adalah memperluas portofolio dan jaringan penyedia layanan CENT dan CMI, khususnya di wilayah timur Indonesia. Manfaat terakhir, yakni dapat memberikan nilai tambah dengan meningkatnya total aset yang disebabkan bertambahnya aset tetap CENT. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper