Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Centratama (CENT) Ingin Kuasai 397 Menara, Siapkan Rp1,17 Triliun

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) berencana mengakuisisi 397 menara dari PT Anugerah Communication (PTAC) senilai Rp1,17 triliun.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 20 Agustus 2022  |  16:32 WIB
Centratama (CENT) Ingin Kuasai 397 Menara, Siapkan Rp1,17 Triliun
Ilustrasi salah satu menara telekomunikasi. - balitower.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) akan kembali mengakuisisi 397 aset menara dengan nilai transaksi yang diperkirakan mencapai Rp1,17 triliun. CENT sebelumnya juga mengumumkan akan mengakuisisi 289 menara senilai Rp631,53 miliar.

Sekretaris Perusahaan CENT Wiwik Septriandewi menyampaikan perusahaan melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 397 menara telekomunikasi dari PT Anugerah Communication (PTAC).

“Perkiraan nilai transaksi adalah sebesar paling banyak Rp1,17 triliun dan oleh karena itu merupakan suatu transaksi material yang wajib terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham [RUPS],” kata Wiwik dalam keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (20/8/2022).

Wiwik mengatakan penyelesaian transaksi tunduk pada terpenuhinya syarat-syarat pendahuluan yang ditentukan dalam perjanjian pembelian, termasuk diperolehnya persetujuan RUPS CENT atas transaksi sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

Dia menjelaskan pembelian menara pada prinsipnya dilakukan untuk menambah portofolio menara telekomunikasi yang dimiliki oleh grup CENT. Transaksi juga dilakukan untuk mengembangkan usaha strategis CENT pada masa yang akan datang.

Adapun dana yang digunakan untuk pembelian menara ini berasal dari kas internal dan pembiayaan bank. Dampak dari transaksi lebih lanjut akan disampaikan manajemen CENT dalam keterbukaan informasi bersamaan dengan pengumuman pelaksanaan RUPS.

CENT pada 12 Agustus 2022 menyelesaikan proses pembelian tahap pertama untuk akuisisi 289 menara telekomunikasi beserta dengan sarana dan prasarananya dari PT Lasmana Swasti Prahida (LSP) dan PT Technindo Global Fortace (TGF) dengan nilai transaksi Rp631,53 miliar.

Menurut tim penilai independen, berdasarkan analisis kewajaran atas rencana transaksi yang meliputi analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, serta analisis inkremental, maka dari segi ekonomis dan keuangan, rencana transaksi pembelian 289 tower dan penambahan kolokasi milik LSP dan TGF oleh CMI adalah Wajar.

CENT juga telah mengumumkan akuisisi PT EPID Menara AssetCo (EMA), anak usaha dari EdgePoint Group, untuk mengkonsolidasikan buku dan aset EMA di bawah Centratama Group.

Direktur Utama Centratama Group Yan Raymond mengatakan, akuisisi tersebut termasuk akuisisi aset sekitar 4.000 menara telekomunikasi yang diakuisisi EMA dari Indosat Ooredoo Hutchison pada 2021. Setelah akuisisi ini, kepemilikan menara Centratama Group mencapai lebih dari 9.000 situs menara di Indonesia, meningkat hampir dua kali lipat.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

centratama telekomunikasi indonesia menara telekomunikasi telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top