Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centratama CENT Siap Akuisisi 289 Menara Rp631,5 Miliar

CENT melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 289 menara telekomunikasi
CENT melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 289 menara telekomunikasi /centratamagroup.com
CENT melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 289 menara telekomunikasi /centratamagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) akan mengakuisisi 289 aset menara dengan nilai transaksi sekitar Rp631,53 miliar.

Wiwik Septriandewi, Sekretaris Perusahaan CENT, menyampaikan perusahaan melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) akan membeli 289 menara telekomunikasi dari PT PT Lasmana Swasti Prahida (LSP) dan PT Technindo Global Fortace (TGF).

"Transaksi ini melibatkan beberapa tahap penyelesaian pembelian. Penyelesaian pembelian tahap pertama terjadi pada tanggal 12 Agustus 2022. Penyelesaian pembelian tahaptahap berikutnya akan ditentukan di kemudian hari, selambat-lambatnya pada tanggal 14 April 2023," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (16/8/2022).

Nilai transaksi atas seluruh rangkaian transaksi pembelian 289 menara telekomunikasi berikut perangkat dan kontrak terkait adalah sampai dengan sebesar Rp631,53 miliar. Nilai tersebut setara 28,43 persen dari nilai ekuitas CENT per Desember 2021.

Aset yang diakuisisi mencakup 289 menara telekomunikasi beserta dengan sarana dan prasarananya yang berada di Jabodetabek, Banten, Jawa barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali Nusra, Sumbagsel, Sumbagut, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut tim penilai independen, berdasarkan analisis kewajaran atas rencana transaksi yang meliputi analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, serta analisis inkremental, maka dari segi ekonomis dan keuangan, rencana transaksi pembelian 289 tower dan penambahan kolokasi milik LSP dan TGF oleh CMI adalah Wajar

Sebelumnya, CENT pada Maret 2022 mengumumkan telah mengakuisisi saham PT EPID Menara AssetCo (EMA), anak usaha dari EdgePoint Group, untuk mengkonsolidasikan buku dan aset EMA di bawah Centratama Group.

Direktur Utama Centratama Group Yan Raymond mengatakan, akuisisi ini termasuk akuisisi aset sekitar 4.000 menara telekomunikasi yang diakuisisi EMA dari Indosat Ooredoo Hutchison pada 2021. Setelah akuisisi ini, kepemilikan menara Centratama Group mencapai lebih dari 9.000 situs menara di Indonesia, meningkat hampir dua kali lipat.

“Sebagai perusahaan yang menawarkan solusi telekomunikasi satu atap, Centratama Grup terus mencari peluang untuk mengembangkan portofolio menara telekomunikasi kami. Mengakuisisi EMA merupakan langkah strategis yang tepat bagi Centratama Group untuk memantapkan posisi kami sebagai salah satu perusahaan penyedia menara independen terbesar di Indonesia,” ujar Yan dalam keterangan resminya, Kamis (17/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper