Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Amazon Web Services, Semen Indonesia (SMGR) Migrasi Data ke Cloud

Secara umum, dengan cost leadership dari penggunaan teknologi cloud, Semen Indonesia (SMGR) memiliki potensi penurunan biaya operasional sekitar 30-40 persen.
Semen Indonesia/https://semenindonesiabeton.com/
Semen Indonesia/https://semenindonesiabeton.com/

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN Semen, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan (cloud). 

Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan keandalan, fleksibilitas dan keamanan dari sistem teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki oleh emiten berkode SMGR.

Seperti diketahui,  SMGR memiliki wilayah operasional yang tersebar di wilayah Indonesia dan Vietnam, mencakup pabrik semen terintegrasi di 8 lokasi, pabrik pengemasan di 26 lokasi, 6 pabrik penggilingan semen dan 7 pelabuhan.

Adapun, jalur distribusi SMGR didukung oleh 306 distributor baik di Indonesia maupun di Vietnam (TLCC) serta akses ke 70.000 toko bangunan ritel di Indonesia.

Spektrum operasional perseroan juga sangat luas. SMGR memiliki inisiatif strategis untuk meningkatkan efisiensi melalui berbagai program di seluruh unit usaha. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Teknologi cloud dinilai menyediakan beragam solusi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan inisiatif strategis tersebut, termasuk di antaranya teknologi komputasi, penyimpanan data, analitik, IoT dan keamanan.

Teknologi cloud juga memungkinkan SMGR menangani kompleksitas dan skalabilitas operasional perusahaan dengan tetap menjaga performa dan keandalan.

Group Head Information & Communication Technology Semen Indonesia Anindio Daneswara menerangkan SMGR memanfaatkan teknologi cloud dalam melakukan standardisasi menyederhanakan proses penyediaan sumber daya teknologi informasi dan sekaligus meningkatkan faktor keamanan dan keandalannya.

SMGR juga dapat menggunakan banyak pilihan teknologi yang tersedia di cloud, meliputi pemrosesan dan penyimpanan data, serta pengembangan lebih jauh dengan memanfaatkan kemampuan Data Analytics dan AI (artificial intelligence).

”Saat ini Group ICT SMGR telah berhasil melakukan migrasi 90 persen dari sistem aplikasi prioritas dan utama ke cloud. Migrasi ini diperkirakan akan meningkatkan kecepatan proses komputasi hingga 1,6 kali dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi penggunaan computing resources sebesar 20 persen," paparnya, Selasa (27/9/2022).

Secara umum, dengan cost leadership dari penggunaan teknologi cloud, SMGR memiliki potensi penurunan biaya operasional sekitar 30-40 persen serta meningkatkan faktor keamanan dengan teknologi yang tersedia di cloud.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Semen Indonesia Andriano Hosny Panangian mengatakan transformasi digital SMGR berfokus pada proses bisnis utama mulai dari produksi, supply chain, keuangan, pemasaran, serta penjualan.

Semua aktivitas tersebut perlu didukung oleh infrastruktur teknologi yang memadai, fleksibel dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.

Mengingat pemanfaatan teknologi digital terakselerasi oleh dinamika pasar dan industri, terlebih oleh adanya pandemi dalam dua tahun terakhir ini.

“Belajar dari pengalaman tersebut, kami meyakini kemampuan beradaptasi dan menganalisa data merupakan salah satu faktor penting memastikan keberlangsungan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Oleh karena itu, kami berusaha menjadikan data sebagai bagian esensial dari setiap pengambilan keputusan di seluruh kegiatan operasional perusahaan untuk memastikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut, Andriano menyampaikan transformasi digital yang dilakukan oleh SIG ini tidak hanya akan berhenti pada ruang lingkup internal. Transformasi digital ini merupakan landasan bagi melakukan inisiatif lebih jauh, meningkatkan pendapatan, seperti pemberdayaan komunitas, optimalisasi jaringan distribusi dan pemasaran untuk mengakuisisi pelanggan baru.

Selain itu, transformasi digital yang dilakukan juga harus dapat mendukung terlaksananya komitmen Perusahaan terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanju

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto mengatakan holding BUMN semen ini merupakan salah satu BUMN Indonesia yang pertama dan berhasil melakukan migrasi core application system ke cloud dengan menggunakan AWS Asia Pasifik Jakarta Region.

“Teknologi cloud memungkinkan transformasi digital terlaksana dengan baik karena teknologi cloud dapat membantu suatu organisasi untuk mendapatkan resources teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan, hal tersebut dapat menumbuhkan inovasi, meningkatkan agility dan kehandalan sekaligus mengoptimasi biaya,” kata Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper