Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Rawan Koreksi, Cek Rekomendasi ANTM, UNVR hingga LSIP

Analis merekomendasikan investor untuk membeli saham ANTM, HRUM, AGII, INCO, PGAS, ELSA, UNVR, CPIN, ITMG, BBRI, dan LSIP.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 22 September 2022  |  08:13 WIB
IHSG Rawan Koreksi, Cek Rekomendasi ANTM, UNVR hingga LSIP
Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Kamis (22/9/2022), berpotensi melemah terutama usai keputusan The Fed terkait suku bunga.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang dalam riset hariannya menyampaikan setelah kenaikan 75 basis poin pada September ini, muncul kekhawatiran pasar jika The Fed akan menaikkan kembali suku bunga sekitar 125 bps atau 1,25 persen di dua pertemuan selanjutnya hingga akhir 2022.

Kemudian perkiraan The Fed menaikkan suku bunga terus berlanjut hingga 4,6 persen pada 2023 menurut Edwin menjadi faktor Wall Street kembali dilanda aksi jual. Alhasil Indeks Dow Jones terjun bebas pada hari kedua sebesar 1,70 persen pada perdagangan Rabu (21/9/2022) waktu setempat. Ini berarti dalam 2 hari perdagangan saja Dow Jones turun sebesar 2,71 persen.

Selain itu, indeks EIDO juga terpantau menurun sebesar 0,29 persen. Ditambah lagi harga beberapa komoditas seperti minyak mentah terpantau melemah sebesar 1,35 persen, nikel turun 0,55 persen pada perdagangan kemarin.

Lalu kembali jatuhnya nilai tukar Rupiah di level Rp15.000 per dolar AS, menurut Edwin menjadi sentimen negatif bagi perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada hari ini. 

“[Sentimen-sentimen tersebut] berpeluang menjadi sentimen negatif bagi perdagangan di Bursa Indonesia Kamis ini,” tulis Edwin dalam riset hariannya, Kamis (22/9/2022).

Disamping itu, Edwin juga mengatakan bahwa pelaku pasar juga tengah menunggu respon Bank Indonesia apakah akan kembali menaikkan suku bunga acuan (7DRR) sebesar 25 bps.

Berdasarkan sentimen yang ada, Edwin pun memprediksi IHSG hari ini akan bergerak di rentang 7.106 - 7.217, dan rupiah di rentang Rp14.980 - Rp15.050 per dolar AS.

Edwin merekomendasikan untuk membeli saham ANTM, HRUM, AGII, INCO, PGAS, ELSA, UNVR, CPIN, ITMG, BBRI, dan LSIP.

Adapun IHSG ditutup melemah pada perdagangan sebelumnya, Rabu (21/9/2022) dengan turun 0,12 persen atau 8,64 poin ke level 7.188,31. Sepanjang hari, indeks bergerak di rentang 7.134,79 - 7.204,90.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG rekomendasi saham ihsg hari ini prediksi ihsg
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top