Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Lihat Foto
Premium

Prospek Centratama (CENT) usai Ditinggal Northstar

Setelah merampungkan akuisisi terhadap anak usaha dari EdgePoint Group, PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) harus ditinggal oleh pemegang saham lawasnya yakni entitas dari Northstar Group.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
24 Maret 2022 | 17:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Perginya Northstar dari daftar pemegang saham PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) tampaknya tak terlalu berpengaruh terhadap kinerja perseroan.

Adapun, Northstar Advisors Pte melalui Clover Universal Enterprise Ltd. baru saja mengumumkan langkahya untuk keluar dari pemegang saham CENT. Hal itu dilakukan Clover usai melepas seluruh portofolio kepemilikan sahamnya di perusahaan menara tersebut.

Clover Universal merupakan perusahaan cangkang atau perusahaan yang didirikan dengan tujuan khusus yang beralamat di British Virgin Island. Sementara itu, pemilik Clover, yakni Northstar Grup didirikan oleh Patrick Walujo dan Glenn Sugita. Perusahan tersebut terkenal aktif mengucurkan investasi pada perusahaan teknologi prospektif.

Adapun keputusan pelepasan saham telah disampaikan Clover kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).  Clover Universal menyatakan pada 23 Maret 2022 telah menjual 4,66 miliar saham dengan harga Rp227 per saham. Artinya, nilai transaksinya mencapai Rp1,05 triliun. 

"Tujuan transaksi adalah divestasi. Setelah transaksi ini Clover Universal tidak lagi memiliki saham CENT atau 0 persen dari sebelumnya 14,95 persen saham," tulis Direktur Clover Universal Enterprise Ltd. Sua Fong Cha, seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Kamis (24/3/2022).

Sekadar informasi, Clover Universal tercatat sebagai investor lawas bagi CENT, bahkan sebelum perusahaan penyedia menara tersebut menggelar aksi penawaran umum perdana atau initial public offering/IPO saham pada 2015. Berdasarkan prospektus CENT pada 2015, sebanyak 25 persen dana IPO perseroan ketika itu digunakan untuk membayar utang kepada Clover.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top