Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samudera Indonesia (SMDR) Investasi 20 Persen di Motrans Kalbe Farma (KLBF)

Kolaborasi Kalbe Farma dan Samudera Indonesia melalui Mostrans merupakan langkah strategis untuk mendorong transformasi digital di sektor logistik.
Kantor PT Kalbe Farma Tbk./kalbe
Kantor PT Kalbe Farma Tbk./kalbe

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelayaran, PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) bekerja sama dengan emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) mengembangkan bisnis digital logistik Motrans.

Kalbe Farma melalui anak usaha PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT) yaitu PT Mostrans Global Digilog menandatangani Nota Kesepahaman dengan Samudera Indonesia untuk mengembangkan inovasi digital di bidang logistik.

Dalam Nota Kesepahaman tersebut, Samudera Indonesia akan melakukan investasi sebesar 20 persen kepemilikan pada Mostrans.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menjelaskan disrupsi di era digital menciptakan tantangan baru di dunia logistik.

"Kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans merupakan langkah strategis untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan akan mendorong transformasi digital di sektor logistik secara lebih cepat," katanya, Senin (8/8/2022).

Vidjongtius juga menyatakan sinergi antara inovasi teknologi digital Mostrans yang didukung Kalbe Group sebagai market leader di bidang kesehatan, dengan pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia.

Kolaborasi ini diyakini akan menghasilkan strategi pengembangan inovasi berbasis teknologi digital yang lebih komprehensif meningkatkan kinerja di bidang logistik.

Direktur Utama Samudera Indonesia Bani Maulana Mulia menjelaskan kolaborasi menerapkan inovasi digital dalam kegiatan distribusi transportasi logistik menjadi hal yang sangat strategis bagi pertumbuhan kedua perusahaan.

Menurut Bani, Kalbe adalah perusahaan farmasi kebanggaan Indonesia, yang tidak hanya menjadi market leader di Indonesia namun juga telah merambah pasar internasional.

"Kolaborasi antara Kalbe dan Samudera bertujuan untuk dapat memperkuat sinergi keunggulan masing-masing perusahaan. Distribusi produk Kalbe di dalam negeri dan di pasar ekspor masih memiliki ruang pertumbuhan yang sangat besar," terangnya.

Sementara itu, CEO Mostrans Berty Argiyantari mengatakan Mostrans saat ini sudah menciptakan solusi berupa B2B digital transportation platform untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok produk kesehatan.

Transparansi serta simplifikasi proses yang didukung oleh sistem teknologi informasi dapat membantu memecahkan sejumlah tantangan di sektor logistik.

“Strategi pengembangan inovasi yang dihasilkan oleh kolaborasi Kalbe dan Samudera melalui Mostrans akan menghasilkan solusi berbasis digital yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kinerja rantai pasok dan meningkatkan daya saing pengguna jasa,” terang Berty.

Mostrans salah satu entitas anak usaha dari Enseval, yang bergerak di bidang platform digital transportasi B2B yang berfokus pada produk kesehatan.

Saat ini Mostrans sudah bekerja sama dengan 75 perusahaan transportasi darat dan laut dengan lebih dari 5.000 armada.

Keunggulan Marketplace Mostrans adalah memberikan layanan konsolidasi pengiriman dari beberapa pemilik barang, sehingga bisa menghasilkan biaya pengiriman yang lebih efisien.

Solusi Mostrans lainnya adalah software as a service (SaaS) yang ditujukan bagi para shipper maupun transporter dan layanan supply chain financing (SCF) bagi para mitra transporter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper