Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakuwon Jati (PWON) Siapkan Capex 2022 Rp2,8 Triliun, Ini Realisasinya

Perusahaan properti PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) capex 2022 senilai Rp2,8 triliun dibagi dalam beberapa pos.
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan properti PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) menganggarkan dana belanja tahun ini senilai Rp2,8 triliun yang tengah direalisasikan untuk sejumlah proyek.

Direktur Pengembangan Bisnis PWON Ivy Wong mengatakan, capex 2022 senilai Rp2,8 triliun dibagi dalam beberapa pos.

“[Senilai] Rp1 triliun digunakan untuk konstruksi dan renovasi di Yogyakarta, Solo, dan lain-lain,” jelas Ivy dalam acara paparan publik Hotel Sheraton Grand Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Adapun sisa Rp1,8 triliun tengah dalam posisi stand by untuk belanja tanah dan operational asset yang akan dibeli.

Tercatat selama Januari-Maret 2022, capex yang sudah terserap PWON senilai Rp165 miliar untuk pembangunan Pakuwon City Mall Bekasi serta renovasi di Yogyakarta dan Solo.

Sementara itu, kinerja PWON pada kuartal I/2022 mencatatkan kenaikan 38 persen, dari Rp610 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp842 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Corporate Secretary Pakuwon Jati, Minarto mengatakan, pada kuartal I/2022 ini presales perseroan mencapai Rp380 miliar.

Presales mendapat berkah dari perpanjangan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) [yang berlaku] hingga September 2022,” ujar Minarto.

Sebagai catatan, PWON membukukan pendapatan bersih tahun buku 2021 senilai Rp5,71 triliun, naik sebesar 43,7 persen dari tahun sebelumnya senilai Rp3,97 triliun.

Pendapatan berulang atau recurring revenue PWON tahun 2021 mencapai Rp2,69 triliun, naik 17 persen dibandingkan tahun 2020 senilai Rp2,3 triliun, sedangkan development revenue perseroan mencapai Rp3,01 triliun, terdongkrak 79,8 persen dari tahun sebelumnya senilai Rp1,67 triliun.

Berdasarkan revenue per segmen, kontribusi terbesar berasal dari retail leasing 33,8 persen, condominium sales 32,6 persen, landed houses 17,9 persen, hotel & serviced apartments 8,8 persen, office leasing 4,6 persen, dan office sales 2,3 persen.

Belanja modal yang dikucurkan PWON pada 2021 digunakan untuk membiayai sejumlah proyek, di antaranya konstruksi Pakuwon Mall Bekasi, East Coast Mansion, Pakuwon Mall fase ketiga dan keempat, serta Kota Kasablanka (Kokas) senilai Rp605 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper