Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Melonjak, Investor Abaikan Pernyataan The Fed

Wall Street berhasil rebound dari tekanan hebat pada pekan lalu karena investor mulai terbiasa dengan rencana The Fed menaikkan suku bunga.
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham AS atau Wall Street ditutup melonjak pada perdagangan Selasa (17/5/2022) seiring dengan reli saham teknologi dan rebound sejumlah sektor.

Mengutip Yahoo Finance, Wall Street berhasil rebound dari tekanan hebat pada pekan lalu. Kini, investor sebagian besar mengabaikan pernyataan hawkish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada konferensi Wall Street Journal Selasa yang mengisyaratkan bank sentral siap untuk menaikkan suku di atas netral jika diperlukan untuk mengendalikan kenaikan harga.

Dow Jones melonjak 1,34 persen menjadi 32.654,59, S&P 500 Index naik 2,02 persen menuju 4.088,93, dan Nasdaq menguat 2,76 persen ke level 11.984,52.

Di tempat lain di pasar, saham Walmart (WMT) jatuh setelah kehilangan pendapatan besar oleh megastore. Saham Walmart turun 11,75 persen selama perdagangan intraday, menandai hari terburuk sejak 1980. Saham Walmart turun 11,68 persen selama kehancuran pasar saham 1987.

Di sisi data ekonomi, penjualan ritel naik 0,9 persen pada bulan April, dengan belanja konsumen masih bertahan meskipun inflasi tetap tinggi.

"Keinginan untuk berbelanja sangat kuat di kalangan konsumen AS," kata Managing Partner Harris Financial Group Jamie Cox dalam sebuah catatan.

"Orang Amerika telah mematahkan belenggu covid dan tidak akan kembali. Angka-angka seperti ini mempertanyakan perkiraan resesi 2022 di Amerika Serikat."

Ketidakpastian seputar kecepatan dan besarnya siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve telah memicu tekanan di seluruh pasar yang telah bertahan sepanjang tahun.

Pada tahun 2022 sejauh ini, S&P 500 kira-kira 15 persen di bawah level tertinggi sepanjang masa pada 3 Januari, sementara Dow turun sekitar 11 persen selama periode yang sama dan Nasdaq telah jatuh lebih dalam ke pasar bearish – lebih dari 20 persen di bawah rekor harga penutupan di bulan November.

Wall Street telah mengalami "kerusakan teknis yang parah" dalam beberapa bulan terakhir, dengan S&P 500 jatuh di bawah level penting 4.000 Senin lalu sebelum menguji level pasar bearish di dekat 3.850 Kamis lalu, Chief Investment Officer Comerica Wealth Management John Lynch menunjukkan dalam sebuah catatan email.

“Anehnya, komentar dari Ketua Fed Jerome Powell yang mengindikasikan kemungkinan kesulitan ekonomi untuk mencapai tujuan bank sentral menurunkan inflasi mungkin telah menjadi katalis untuk reli S&P 500 yang dimulai Kamis sore dan berlangsung hingga penutupan Jumat,” tulis Lynch.

“Namun demikian, kami memperingatkan investor bahwa kerusakan teknis parah yang diderita beberapa bulan terakhir ini akan memakan waktu lebih lama dari beberapa hari yang baik untuk diperbaiki.”

Investor akan memiliki lebih banyak pembicaraan Fed untuk dipertimbangkan dalam beberapa hari mendatang, dengan pembicaraan dari pejabat bank sentral lainnya dijadwalkan berlangsung hingga Jumat.

"Kebenaran yang tidak menyenangkan adalah Fed akan perlu menaikkan suku lebih cepat dan ke tingkat yang lebih tinggi daripada yang diharapkan banyak orang," kata Kepala Investasi Aliansi Penasihat Independen Chris Zaccarelli baru-baru ini dalam sebuah catatan email.

"Setidaknya akan ada empat kenaikan suku bunga 50 bps tahun ini dan bukan tiga atau kurang dan kami akan terus berhati-hati dengan aset berisiko."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper