Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar SBN Masih Akan Tertekan Dalam Jangka Pendek

Yield SUN Indonesia maupun global masih berpotensi melemah karena rencana The Fed yang akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat. 
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia/Antara-Prasetyo Utomo
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia/Antara-Prasetyo Utomo

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak stabilnya kondisi eksternal saat ini membuat imbal hasil atau yield Surat Utang Negara (SUN) terus mengalami pelemahan dan akibatnya pasar obligasi turut terpengaruh. 

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto memperkirakan yield SUN Indonesia maupun global masih berpotensi melemah karena rencana The Fed yang akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat. 

“Kita lihat hari ini yield SUN Indonesia tenor 10 tahun terus melemah ya. Dan ini kalau saya lihat masih akan berlanjut pelemahannya,” ujar Ramdhan kepada Bisnis, Selasa (26/4/2022). 

Adanya rencana The Fed menaikkan suku bunga yang menurut Ramdhan akan melemahkan yield SUN juga memunculkan potensi Bank Indonesia (BI) turut menaikkan suku bunga di Tanah Air dalam waktu dekat. 

Langkah menaikkan suku bunga oleh BI sendiri menurut Ramdhan merupakan salah satu upaya untuk mencegah dana asing keluar dari pasar domestik. Oleh sebab itu, Ramdhan mengungkapkan pasar obligasi ikut tertekan. 

Belum adanya kepastian kapan dan bagaimana rencana kenaikan suku bunga The Fed, menurut Ramdhan membuat ketidakpastian global meningkat, sehingga tekanan terhadap yield dalam jangka pendek akan terus berlanjut hingga kondisi eksternal lebih stabil. 

“Kondisi ini membuat akhirnya investor cukup hati-hati masuk ke pasar obligasi sehingga likuiditasnya jadi turun dan itu menambah pelemahan pasar obligasi,” ungkap Ramdhan. 

Ditambah lagi, daya tarik US Treasury yang masih menarik yang ungkap Ramdhan turut membuat pasar obligasi domestik lebih rentan. 

Ramdhan juga menyampaikan, selain adanya potensi kenaikan suku bunga pasar obligasi juga dipengaruhi oleh adanya ketegangan geopolitik antara Rusia-Ukraina yang membuat harga komoditas naik dan memicu naiknya inflasi.

Karena adanya sentimen global tersebut Ramdhan menyampaikan investor jadi beralih ke safe haven. 

Sementara itu, jika dibandingkan dengan negara lain di Asia, yield SUN Indonesia termasuk yang paling tinggi sehingga potensi pelemahannya turut tinggi. 

Namun Ramdhan mengatakan yang menjadi kekuatan pasar obligasi domestik adalah likuiditas domestik masih cukup baik yang akhirnya menahan pelemahan. 

“Kalau kondisi eksternalnya stabil, instrumen SBN kita ini relatif cukup kuat, terbukti dari kondisi pandemi kemarin recovery-nya cepat apalagi sekarang didukung dari kondisi likuiditas kita yang baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper