Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indo Boga (IBOS) Melantai di BEI, Saham Melejit 10 Persen Kena ARA

Saham IBOS menguat hingga batas auto reject atas atau ARA khusus papan akselerasi 10,00 persen ke level Rp110.
Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham PT Indo Boga Sukses Tbk dengan kode saham IBOS, sebagai Perusahaa Tercatat ke-19 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022/Dok.BEI.
Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham PT Indo Boga Sukses Tbk dengan kode saham IBOS, sebagai Perusahaa Tercatat ke-19 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022/Dok.BEI.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten yang bergerak di bidang restoran PT Indo Boga Sukses Tbk. resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia pada hari ini Senin (25/4/2022) melalui aksi intial public offering (IPO).

Emiten berkode saham IBOS tersebut merupakan emiten ke-19 yang tercatat di bursa pada tahun ini atau merupakan perusahaan ke-785. Perseroan mematok harga IPO sebesar Rp100 per saham.

Berdasarkan data RTI, saham IBOS menguat hingga batas auto reject atas atau ARA khusus papan akselerasi 10,00 persen ke level Rp110. Nilai transaksi saham ini mencapai Rp27,37 miliar dan volume perdagangan 253,82 juta saham.

Perseroan menawarkan sebanyak 1.607.360.000 saham baru dengan nilai nominal Rp25 per saham atau sebanyak 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Jumlah seluruh nilai penawaran umum adalah Rp160,73 miliar.

Direktur Utama Indo Boga Sukses Edi Nugroho berharap melalui aksi ini perseroan bisa meraih peluang-peluang yang lebih besar ke depannya.

“Tentunya IBOS yang bergerak di sektor industri food and beverage akan turut mengalami pertumbuhan yang terus meningkat sejalan dengan kondisi perekonomian yang kian membaik,” ungkap Edi dalam seremoni virtual pencatatan saham, Senin (25/4/2022).

Selain melakukan aksi IPO, perseroan juga menerbitkan sebanyak 803.680.000 waran seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 12,5 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan yang dijadwalkan pada 21 April 2022.

Setiap pemegang dua saham baru perseroan berhak memperoleh satu Waran Seri I, di mana setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Adapun penjamin pelaksana emisi efek Indo Boga Sukses adalah PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas.

Sebagai informasi, pada 2021 lalu perseroan mampu mencetak kenaikan laba menjadi sebesar Rp8,64 miliar. Capaian ini naik 104 persen apabila dibandingkan dengan capaian di tahun 2020 sebesar Rp4,2 miliar. Sedangkan di tahun 2019 laba komprehensifnya hanya Rp4,23 miliar.

Tingginya pertumbuhan laba tersebut ditopang dari kenaikan pendapatan perseroan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 adalah sebesar Rp67,34 miliar. Catatan ini juga naik Rp14,03 miliar atau sebesar 26 persen apabila dibandingkan dengan pendapatan tahun 2020 sebesar Rp53,30 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper