Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUPS BUMN Semen Baturaja (SMBR) Putuskan Rombak Direksi, Ini Susunannya

RUPS Semen Baturaja (SMBR) menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan, dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 25 Maret 2022  |  17:59 WIB
RUPS BUMN Semen Baturaja (SMBR) Putuskan Rombak Direksi, Ini Susunannya
PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) merombak jajaran direksi dan komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 pada Jumat (25/3 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) merombak jajaran direksi dan komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 pada Jumat (25/3/2022).

RUPST SMBR dipimpin Komisaris Utama Franky Sibarani. RUPS menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan, dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya.

Perubahan Susunan Pengurus Semen Baturaja dalah sebagai berikut :

1.      Jobi Triananda Hasjim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama digantikan oleh Daconi.

2.      Daconi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Produksi & Pengembangan digantikan oleh Suherman Yahya.

3.      M. Jamil yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko digantikan oleh Tubagus Muhammad Dharury.

4.      Amrullah yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Umum & SDMdigantikan oleh Gatot Mardiana.

5.      Pemberhentian Endang Tirtana sebagai Komisaris Independen.

6.      Pengangkatan kembali Oke Nurwan sebagai Komisaris

Dengan demikian, susunan pengurus Semen Baturaja yang baru berdasarkan keputusan RUPST Tahun Buku 2021 adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama : Franky Sibarani

Komisaris : Oke Nurwan

Komisaris Independen : Darusman Mawardi

Komisaris Independen : Chowadja Sanova

Direktur Utama : Daconi

Direktur Produksi & Pengembangan : Suherman Yahya

Direktur Keuangan : Tubagus Muhammad Dharury

Direktur Umum & SDM : GatotMardiana

Direktur Pemasaran : Mukhamad Saifudin

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Semen Baturaja M. Jamil menyampaikan perseroan berhasil melalui situasi sulit dimasa pandemi Covid-19 dengan membukukan volume penjualan sebesar 1,9 juta ton pada 2021 atau meningkat 1 persen dari tahun 2020.

SMBR juga mampu mempertahankan pangsa pasar di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni 31 persen. Selain itu, peningkatan pangsa pasar terjadi di wilayah Lampung yang mencapai 29 persen atau naik 1 persen.

Dari sisi kinerja keuangan, SMBR mampu memaksimalkan penjualan dengan capaian Rp1,8 triliun atau meningkat 2 persen dari realisasi tahun 2020. Laba bersih SMBR tumbuh 372 persen menjadi Rp 51,8 miliar pada 2021.

“Meskipun industri semen masih mengalami kondisi over supply, namun kinerja positif SMBR tak luput dari inisiatif strategis yang kami terapkandi perusahaan untuk terus melakukan efisiensi melalui program SMBRGO45 dan meningkatkan produktivitas melalui SMBRGO3T,” paparnya dalam keterangan resmi.

SMBRGO45 adalah inisiatif strategis perusahaan melalui pelaksanaanprogram efisiensi biaya produksi antara lain peningkatan penggunaan batu bara dari sumber paling ekonomis, menjaga kelancaran operasi dengan program Predictive Maintenance dan Preventive Maintenance, optimalisasi produksi semen,optimalisasi penggunaan limbah B3 sebagai bahan baku dan energi, dan optimalisasi metode blasting berbanding metode surface mining.

Dalam meningkatkan produktivitas karyawan, Perseroan menerapkanstrategis SMBRGO3T melalui program restrukturisasi organisasi. Dengan adanya perubahan organisasi akan mengoptimalkan kinerja karyawan sesuai dengan bidangnya.

Adapun, RUPS juga menetapkan penggunaan laba bersih SMBR untuk cadangan investasi perusahaan. Hal itu sesuai dengan pertimbangan kondisi perekonomian Indonesia, kebutuhan dana untukinvestasi pengembangan, dan untuk menjaga likuiditas Semen Baturaja dalam kondisi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN RUPS semen baturaja smbr
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top