Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPCC Catat Ekspor Impor Kendaraan Mulai Ramai

Emiten terminal kendaraan, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) mencatat pertumbuhan mobil completely built unit (CBU) non pabrikan Jepang mulai meningkat dalam aktivitas ekspor impor Indonesia.
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Mobil diparkir di kawasan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di Jakarta, Rabu (12/9/2018)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten terminal kendaraan, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) mencatat pertumbuhan mobil completely built unit (CBU) non pabrikan Jepang mulai meningkat dalam aktivitas ekspor impor Indonesia.

Investor Relations Indonesia Kendaraan Terminal Reza Priyambada mengatakan berbagai varian kendaraan CBU terlihat memenuhi sejumlah area parkir di Terminal IPCC, terutama pada Terminal Internasional.

"Hal yang menarik sejumlah varian dari kargo kendaraan non Jepang kian banyak memenuhi area penumpukan di Terminal IPCC. Sebut saja sejumlah varian dari pabrikan otomotif Mercedes, Hyundai, Porsche, Chery, dan lainnya," urainya dalam keterangan resmi, Rabu (16/3/2022).

Meskipun secara total, jumlah unit ekspor maupun impor dari kendaraan CBU non Jepang masih di bawah kendaraan CBU asal Jepang namun, terlihat peningkatannya yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Impor kendaraan CBU asal Korea Selatan selama kurun waktu dua bulan pertama 2022 berjumlah 797 unit dengan varian Ionic, Staria, Palisade, dan lainnya. Jumlah tersebut lebih tinggi dari periode yang sama di tahun sebelumnya dengan jumlah 672 unit.

Lalu, ada Peugeot yang diimpor pada dua bulan pertama di tahun ini sebanyak 48 unit dimana pada periode yang sama di tahun lalu tidak ada sama sekali unit ini yang diimpor.

Sementara itu, anak usaha BUMN itu mencatat kendaraan mewah terdapat Mercedes yang dilakukan impor sebanyak 32 unit pada dua bulan di tahun ini dengan seri All-New C-Class dimana pada periode yang sama di tahun lalu hanya diimpor 7 unit.

Lalu, terdapat Porsche dengan berbagai varian pada dua bulan pertama tahun ini diimpor 9 unit dibandingkan periode yang sama di tahun lalu berjumlah 4 unit.

Dari sisi ekspor, pada dua bulan pertama di tahun ini, Hyundai telah mengekspor kendaraan CBU sebanyak 103 unit dari periode sebelumnya sebanyak 119 unit CBU Hyundai yang diekspor dari Terminal IPCC.

Lalu, terdapat VW dan Geely yang masing-masing mengekspor CBU-nya sebanyak dua unit dimana pada periode yang sama di tahun sebelumnya baik VW maupun Geely tidak ada kendaraannya yang dilakukan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper