Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Erajaya (ERAA) Bentuk JV dengan Emiten Ritel Terbesar Vietnam

Erafone bersama The Gioi Di Dong membentuk JV bernama Era Blue. Gerai pertama hasil kolaborasi bakal dibuka pada pertengahan 2022 di Jakarta.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 15 Maret 2022  |  19:37 WIB
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) melalui salah satu anak usahanya, PT Erafone Artha Retailindo (Erafone), resmi menjalin kerja sama joint venture dengan The Gioi Di Dong Joint Stock Company (The Gioi Di Dong).

Erafone dan anak perusahaan dari Mobile World Investment Corporation tersebut sepakat untuk membentuk perusahaan patungan PT Era Blue Electronic (Era Blue).

Presiden Direktur Erafone Budiarto Halim mengatakan gerai pertama Era Blue dijadwalkan dibuka pada pertengahan 2022 di Jakarta. Gerai ini akan membawa revolusi di industri ritel elektronik konsumen, menawarkan koleksi produk yang berbeda, dan memberi pengalaman konsumen yang lebih baik.

“Pengalaman konsumen makin ditingkatkan dengan penggabungan inovasi digital terkini dengan eksekusi ritel dan standar visual merchandising terbaik, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dan terintegrasi,” kata Budiarto melalui siaran pers, Selasa (15/3/2022).

Budiarto juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama ini, mengingat The Gioi Di Dong merupakan salah satu pemain terkemuka di industri konsumer elektronik di Vietnam.

“Inovasi dan strategi ekspansi mereka sangat sesuai dengan visi kami untuk menjadi yang terdepan di sektor ini. Kemitraan ini juga merupakan perpanjangan yang tepat dari kekuatan kami di jaringan ritel gadget. Saya yakin kita bisa saling melengkapi dalam mewujudkan visi menjadi merek ritel terkemuka di sektor konsumer elektronik,” katanya.

Sementara itu, Chairman of the Board The Gioi Di Dong Nguyen Duc Tai mengatakan Erafone adalah mitra paling terkemuka dan andal yang mengoperasikan bisnis distribusi dan ritel ponsel. Dia meyakini kerja sama Erafone dan The Gioi Di Dong akan membawa joint venture Era Blue menjadi konsumer elektronik Nomor 1 dan paling terpercaya di Indonesia.

“Kemitraan strategis ini akan membawa banyak nilai tambah bagi Erafone dan The Gioi Di Dong,” katanya.

The Gioi Di Dong merupakan perusahaan yang mengoperasikan jaringan ritel dengan 3.000 lebih gerai. Salah satu lini usaha, Thegioididong.com, merupakan jaringan ritel Nomor 1 di Vietnam yang fokus pada ponsel, laptop, aksesori, wearables, dan value added services terkait. Thegioididong.com memiliki sekitar 1.000 toko dan lebih dari 50 persen pangsa pasar ponsel secara nasional.

Selain itu, The Gioi Di Dong juga mengoperasikan jaringan ritel Dien May Xanh yang telah memiliki 2.000 toko yang berfokus pada konsumer elektronik dan peralatan rumah tangga. Dien May Xanh menguasai 40 persen pangsa pasar elektronik nasional.

Adapun induk dari The Gioi Di Dong, Mobile World Investment Corporation (WMG), didirikan pada 2004 dan merupakan peritel multi kategori Nomor 1 di Vietnam. WMG merupakan satu-satunya perwakilan Vietnam di 100 pengecer Asia-Pasifik teratas dengan lebih dari 5.300 toko.

MWG menjadi perusahaan publik di Bursa Efek Ho Chi Minh pada 2014 dan pada 202 masuk dalam 10 besar perusahaan terbesar di Vietnam dengan pendapatan melebihi US$5 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

joint venture vietnam erajaya swasembada emiten ritel
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top