Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saham-saham Batu Bara Pilihan Analis: PTBA, ADRO, dan ITMG

Beberapa saham batu bara seperti PTBA, ADRO dan ITMG menjadi jagoan analis untuk mendulang cuan meski terjadi pelemahan harga komoditas.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 12 Maret 2022  |  06:15 WIB
Saham-saham Batu Bara Pilihan Analis: PTBA, ADRO, dan ITMG
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN), Marunda, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa saham batu bara seperti PTBA, ADRO dan ITMG menjadi jagoan analis untuk mendulang cuan meski terjadi pelemahan harga komoditas.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Frankie Wijoyo Prasetio mengungkapkan koreksi serentak harga sejumlah komoditas utama menjadi sentimen utama dari aksi profit taking yang terjadi pada perdagangan Jumat (11/3/2022)..

“Jadi penurunan harga komoditas ini juga akan menekan harga-harga saham komoditas yang sempat memanas awal pekan ini,” ungkap Frankie kepada Bisnis, dikutip Sabtu (12/3/2022).

Menurut Frankie, dengan lonjakan harga komoditas sebelumnya pasca konflik Ukraina-Rusia, otomatis membuat saham-saham komoditas menjadi incaran banyak investor.

“Namun seiring penurunan harga-harga komoditas utama dunia, saham-saham komoditas yang menopang kenaikan IHSG pekan ini juga rentan akan terjadinya koreksi,” ujarnya.

Kedepannya, Frankie menyatakan bahwa aksi profit taking bisa saja terus berlanjut jika harga komoditas dunia tetap melanjutkan penurunan. Ditambah lagi, jika AS nantinya menaikan suku bunga banknya untuk meredam laju inflasi.

Terkait hal tersebut, Frankie menyebutkan bahwa aksi profit taking saat ini tidak akan seagresif beberapa hari kemarin, khususnya pada saham-saham komoditas.

Hal tersebut dipicu oleh tetap tingginya permintaan akan komoditas akibat suplai yang terkendala selama konflik Ukraina-Rusia, sehingga investor masih menantikan progres pergerakan harga komoditas dan isu geopolitik Ukraina-Rusia.

Frankie pun merekomendasikan saham seperti  ITMG, ADRO, dan PTBA untuk tetap mempertimbangkan buy one weakness pada saham-saham komoditas tersebut yang secara teknikal telah kembali ke level support-nya.

Pada perdagangan kemarin saham ADRO ditutup menguat 0,67 persen ke level Rp3.000. Saham ITMG melemah tipis 0,37 persen ke Rp27.050 dan PTBA menguat 0,29 persen ke Rp3.480.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komoditas batu bara ptba adro itmg
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top