Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Green Economy, Ini Strategi Nusantara Sawit Sejahtera Jelang IPO

Calon emiten perkebunan PT Nusantara Sawit Sejahtera Tbk. akan mendukung program ekonomi hijau yang diimplementasikan pemerintah.
Pekerja memanen kelapa sawit di Desa Rangkasbitung Timur, Lebak, Banten, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Pekerja memanen kelapa sawit di Desa Rangkasbitung Timur, Lebak, Banten, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bisnis.com, JAKARTA — PT Nusantara Sawit Sejahtera Tbk. (NSS) menyiapkan sejumlah strategi untuk mendukung program Ekonomi Hijau (green economy) yang akan diimplementasikan pemerintah. 

Sejumlah bentuk dukungan mulai dari pemilihan lokasi kebun, sistem pemupukan yang memperhatikan konservasi tanah, proses produksi tidak menyisakan limbah, hingga menghasilkan CPO sebagai sumber bahan bakar nabati ramah lingkungan (biodiesel) telah disiapkan perusahaan.  

Dalam keterangan resminya pada Kamis (10/3/2022), Wakil Direktur Utama NSS Kurniadi Patriawan mengatakan pihaknya sangat mendukung Program Ekonomi Hijau karena perusahaan menyadari bahwa seluruh masyarakat dunia harus ikut berpartisipasi demi keberlangsungan bumi.

Ia mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan memanfaatkan sumber energi yang terbarukan untuk kegiatan pabrik pengolahan tandan buah segar (TBS). Dengan demikian, operasional pabrik perusahaan tidak bergantung pada bahan bakar fosil.

“Kami juga menjaga kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan berupaya menghijaukan DAS yang berada di bawah pengawasan kami. Pimpinan kami juga sangat peduli dengan lingkungan,,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis (10/3/2022).

Dia menambahkan, sejumlah penelitian telah menunjukkan tanaman sawit menjadi penghasil minyak nabati paling efisien dibandingkan tanaman lain, seperti minyak bunga matahari, kedelai atau jagung, dari sisi penggunaan lahan dan produktivitas per luasan tanaman.

Satu indikator ini, paparnya, menjadikan sawit menjadi keunggulan komparatif Indonesia karena sawit tidak bisa tumbuh optimal di banyak negara. Sawit hanya dapat optimal tumbuh di negara-negara tertentu, seperti Indonesia dan Malaysia dan beberapa negara di Amerika Latin.

Dari sistem budidaya, NSS menggunakan sistem pemupukan berimbang, sehingga menjaga konservasi tanah. Dengan begitu, proses produksi tidak memiliki limbah yang dapat merusak lingkungan, baik dari proses milling TBS (Tandan Buah Segar) maupun dalam proses dan ekstrasi minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan palm kernel (PK) atau sawit inti.

“Kami tetap berkomitmen menitikberatkan aktivitas bisnis untuk ikut memproteksi lingkungan. Sehingga, kegiatan bisnis NSS tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga ikut mendorong perekonomian dan menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Kurniadi.

Dari sisi manfaat yang dapat diberikan perusahaan kepada komunitas, Kurniadi mengatakan pihaknya berupaya dapat berpartisipasi dalam meningkatkan produktivitas tanaman sawit petani rakyat. NSS berinisiatif mengajak masyarakat sekitar kawasan perkebunan untuk bergabung dalam program plasma dan kemitraan bersama perusahaan.  

“Kami punya prinsip bahwa kualitas tanaman inti dan petani yang bekerja sama dengan kami harus setara. Kami menerapkan manajemen satu atap di mana kami turut merawat tanaman petani. Kami pun terbuka apabila para petani tersebut memiliki keinginan untuk belajar dengan cara bergabung dan ikut merawat lahan mereka, jelasnya.

Sebagai upaya NSS untuk meningkatkan produktivitas tanaman di kebun perusahaan, baik dari sisi budidaya hingga perlakuan pascapanen, dia mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi demi mencapai kualitas tanaman dan produk yang lebih baik. Meski agresif melakukan inovasi, NSS tidak sembarangan mengadopsi teknologi atau inovasi baru yang belum terbukti.

Dua hal yang menjadi fokus NSS saat ini adalah terus mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki agar hasil pekerjaan sesuai dengan standar perusahaan. Selain itu, NSS juga melakukan riset dan uji secara berkala untuk terus menjaga kualitas tanamannya.

Selain lahan plasma, NSS juga berencana menjangkau petani swadaya di sekitar kebun (petani yang belum masuk dalam sistem plasma) agar dapat membantu meningkatkan produktivitas tanaman petani. Namun demikian, perusahaan saat ini masih mengutamakan petani yang sudah bekerja sama dengan NSS karena keterbatasan personel dan waktu.

“Kami juga menginginkan kerja sama tersebut terlaksana secara resmi untuk meminimalisir risiko-risiko yang mungkin terjadi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper