Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adhi Karya (ADHI) Gandeng Sucofindo Kembangkan Solusi Penanganan Limbah

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi mengungkapkan latar belakang dari inisiasi strategis ini untuk menjawab tantangan permasalahan limbah dan sampah di Indonesia yang membutuhkan peran serta berbagai pihak.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  12:20 WIB
Adhi Karya (ADHI) Gandeng Sucofindo Kembangkan Solusi Penanganan Limbah
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten BUMN Karya PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) menandatangani nota kesepahaman pengembangan solusi terintegrasi dan pengelolaan limbah (Integrated Waste Management Solution).

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi mengungkapkan latar belakang dari inisiasi strategis ini untuk menjawab tantangan permasalahan limbah dan sampah di Indonesia yang membutuhkan peran serta berbagai pihak.

Entus mengatakan kerja sama ini selain memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan, juga sebagai pengembangan kompetensi bisnis emiten dengan kode saham ADHI dalam bidang pengelolaan limbah B3, yang sebelumnya telah dilakukan di Kawasan Industri Medan (KIM).

“Saya yakin, kompetensi yang dimiliki kedua BUMN, yakni ADHI dengan Sucofindo, disertai dengan kolaborasi yang baik, kompetensi dalam berinovasi mengembangkan teknologi baru untuk mampu menghasilkan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan kita,” ujarnya, Rabu (23/2/2022).

Menurutnya kolaborasi ini merupakan bentuk inovasi bagi keberlanjutan pelestarian lingkungan, serta pengembangan teknologi dan bisnis sebagai bentuk peningkatan kompetensi bagi kedua belah pihak.

Kolaborasi ini berfokus pada pengadaan dan pengelolaan fasilitas limbah dan sampah yang diperuntukan bagi industri. ADHI selaku kontraktor berperan dalam menyiapkan pembangunan infrastruktur, operasional pabrik, hingga pemasaran dari fasilitas yang ada.

Sementara itu, Sucofindo akan memberikan solusi melalui pekerjaan pengujian (testing), inspeksi (inspection), sertifikasi (certification), pelatihan dan konsultansi (consultancy and training) berkaitan dengan pengembangan bisnis ADHI dalam berbagai hal terkait pengelolaan limbah.

Pengembangan bisnis Sucofindo dan ADHI dalam MoU ini mencakup beberapa hal, yakni Pengelolaan Fasilitas Pengelolaan Limbah Terpadu (FPLT), Pengelolaan Tanah Terkontaminasi Minyak (TTM), Rencana Pengelolaan Port Reception Facility, Rencana Pengelolaan Limbah Medis, dan Rencana Pengelolaan Limbah Elektronik.

Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menjelaskan kerja sama ini bertujuan mengembangkan dan memperluas ruang lingkup jasa di bidang pengelolaan limbah serta meningkatkan kompetensi Sucofindo di bidang pengelolaan limbah.

"Saya berharap semoga kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk kerja sama lainnya ke depan sebagai bagian dari inisiatif strategis bersama dalam mendukung sinergi BUMN," tuturnya.

Sucofindo dengan jaringannya yang tersebar di wilayah Indonesia siap menjadi rekanan dari ADHI yang telah membangun dan mengelola fasilitas pengelolaan limbah di Kawasan Industri Medan dan kawasan-kawasan industri lainnya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN sucofindo adhi karya bumn karya pengolahan sampah
Editor : Dwi Nicken Tari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top