Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Bakrie ENRG Masuk, Intip Potensi Blok Gas Sengkang

Entitas Grup Bakrie, Energi Mega Persada (ENRG), masuk ke KKS Sengkang yang memiliki sekitar 420 miliar kaki kubik gas dalam bentuk cadangan terbukti dan terukur.
Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd di Blok Sengkang/Istimewa
Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd di Blok Sengkang/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Entitas Grup Bakrie yakni PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG) resmi mendapat kontrak kerja sama Blok Gas Sengkang di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Bupati Wajo Amran Mahmud menyampaikan di sektor pertambangan migas, Wajo merupakan salah satu daerah penghasil gas alam dengan cadangan gas sebesar kurang lebih 2 trilliun cubic feet, yang dikenal dengan nama Blok Sengkang.

"Hingga tahun 2021 ini, gas alam yang dihasilkan dari Blok Sengkang dipergunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) dengan kapasitas terpasang 315 megawatt dan untuk jaringan gas (jargas) rumah tangga dengan kapasitas 12.317 sambungan rumah," paparnya.

Hal itu dia katakan saat menjadi pembicara pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dua Dasawarsa Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) 2001-2021 yang digelar di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/12/2021).

Khusus untuk jargas, lanjut Amran Mahmud, 6.750 sambungan di antaranya masih dalam tahap konstruksi. Jika tidak ada halangan, pada 2022 nanti Wajo akan mendapatkan 4.500 sambungan baru lagi.

"Kami berharap, jaringan gas rumah tangga ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Wajo, dengan total kebutuhan sebanyak lebih dari 100.000 sambungan," jelasnya.

Sementara itu, Energi Mega Persada mengumumkan sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah terkait perubahan pengendalian secara langsung atau pengalihan seluruh saham PT Energi Maju Abadi (EMA) kepada perusahaan dan anak usahanya.

Adapun, EMA memiliki 49 persen participating interest di Wilayah Kerja Kontrak Kerja Sama Sengkang (KKS Sengkang) yang terletak di Sulawesi Selatan. Sedangkan, sisa 51 persen participating interest pada KKS Sengkang dimiliki oleh Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd (EEES).

“Hal ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Jual Beli Bersyarat yang telah ditandatangani oleh EMP dan anak usahanya pada Agustus 2021 lalu untuk mengakuisisi EMA,” ujar Direktur Keuangan ENRG Edoardus Windoe dalam keterangan pers, Jumat (18/2/2022).

KKS Sengkang memiliki sekitar 420 miliar kaki kubik gas dalam bentuk cadangan terbukti dan terukur. Saat ini, blok gas tersebut memproduksikan rata-rata 40 juta kaki kubik gas per hari. Gas yang diproduksikan oleh KKS Sengkang dijual ke beberapa proyek pembangkit listrik di wilayah Sulawesi Selatan.

KKS Sengkang juga telah mendapatkan perpanjangan 20 tahun pada 2018 dari pemerintah, dan berlaku efektif sejak 24 Oktober 2022 sampai dengan 2042.

Edoardus menjelaskan, perusahaan akan menyediakan pendanaan yang diperlukan untuk mengembangkan KKS Sengkang. Beberapa rencana pengembangan tersebut diantaranya studi geologi, survei 2D seismic sepanjang 800 km, survei 3D seismic seluas 100 km2, dan pemboran di 13 sumur eksplorasi.

Syailendra Bakrie, Direktur Utama Energi Mega Persada, menambahkan cukup optimistis bahwa KKS Sengkang memiliki prospek yang bagus.

“Kami berharap rencana pengembangan tersebut dapat segera direalisasikan untuk menambah jumlah cadangan dan volume produksi gas di masa mendatang. Peningkatan produksi gas tersebut tentunya akan berdampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper