Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Grup BUMN Pangan Bikin Ekosistem Kopi Nusantara, Begini Targetnya

PMO Kopi Nusantara diharapkan mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di Tanah Air dan mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  14:23 WIB
Grup BUMN Pangan Bikin Ekosistem Kopi Nusantara, Begini Targetnya
Menteri BUMN Erick Thohir saat melepas ekspor kopi perdana 2022 PPI pada Minggu (30/1/2022) - Dok.BUMN.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah BUMN menjalin kerja sama membangun project management office (PMO) Kopi Nusantara.

PMO Kopi Nusantara yang dibentuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir, terdiri dari BUMN, swasta nasional, asosiasi, dan lembaga research and development (R&D).

PMO Kopi Nusantara diharapkan mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di Tanah Air dan mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global.

Ketua PMO Kopi Nusantara Dwi Sutoro mengungkapkan tiga target tujuan pembentukan PMO yaitu untuk memperbaiki supply chain bisnis kopi yang sinergi, meningkatkan kesejahteraan petani melalui pelatihan dan bimbingan serta membangun digital platform untuk komoditas kopi.

Pertumbuhan konsumsi kopi Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia, yakni hingga 45 persen bila dibandingkan negara-negara lain yang hanya 26 persen.

Direktur Utama ID Food Arief Prasetyo Adi menambahkan, PPI sebagai member ID Food akan terus memberikan dukungan kepada petani lokal dalam meningkatkan hasil produksi secara kualitas dan kuantitas, sehingga lebih mampu diserap pasar tujuan ekspor.

"PPI juga terus melakukan upaya peningkatan value added dari komoditi kopi tersebut," jelasnya, dikutip Senin (31/1/2022).

Peran PPI sebagai ekspor gateway dalam end state supply chain ekosistem holding pangan akan selalu berupaya melakukan inklusivitas, pemberdayaan nelayan, petani, dan peternak melalui peningkatan profesional, modernisasi, dan pemanfaatan teknologi.

Pada acara tersebut, dilaksanakan penandatanganan MoU antara petani dan off-takers, dan penandatanganan MoU antara BUMN dan Asosiasi untuk mendukung Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara.

Penandatanganan secara langsung dilaksanakan oleh Dirut PTPN III (Persero), Dirut Pupuk Indonesia (Persero), Dirut ID Food/RNI (Persero), dan Dirut Perum Perhutani. Penandatanganan secara sirkuler dilaksanakan oleh Dirut BRI, Dirut Telkom, dan Dirut Riset Perkebunan Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi erick thohir holding bumn pangan
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top