Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Sektor Saham Calon Penghasil Cuan di Tahun Macan Air

Hampir semua sektor usaha akan diuntungkan pada Tahun Macan Air.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 30 Januari 2022  |  18:18 WIB
Daftar Sektor Saham Calon Penghasil Cuan di Tahun Macan Air
ilustrasi shio macan air saat Tahun Baru Imlek 2022 - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun 2022 akan bertepatan dengan tahun Macan Air dalam kalender China. Adapun, Macan yang tergolong elemen kayu yang berpadu dengan elemen air pada 2022 ini menandakan kesejahteraan.

Ahli Feng Shui Erwin Yap menjelaskan persepsi Feng Shui yang otentik tidak melihat perkembangan ekonomi dari sifat binatang shio melainkan dari elemen yang dikandung shio itu sendiri.

“Tahun ini adalah Macan Air, macan adalah kayu dengan elemennya air. Di dalam siklus produktif, air menghasilkan kayu. Artinya kayu kali ini kita dapat yang paling segar [sejahtera],” kata Erwin kepada Bisnis, Minggu (30/1/2022).

Sementara itu, Erwin mengingatkan bahwa elemen ekonomi juga termasuk kayu. Adapun, ekonomi sendiri merupakan kepentingan rumah tangga baik dalam level individu mapun negara.

Erwin menganalogikan ekonomi sebagai suatu pohon. Dengan perpaduan elemen air pada tahun ini, pohon ekonomi tersebut akan tumbuh lebih cepat setelah 2 tahun tertahan oleh pandemi.

Selain itu, Erwin juga menggambarkan kondisi pada tahun Macan Air seperti danau yang berlumut. Adapun, lumut-lumut itu mewakili sektor usaha baru yang tumbuh dengan cepat namun belum memiliki regulasi yang jelas. Salah satunya berasal dari sektor digital yang mana sudah diprediksi Feng Shui bahwa sektor ini akan berkembang pada rentang 2017 - 2043.

“Kalau kita memandang suatu danau berlumut, kita tidak bisa melihat dasarnya karena airnya tidak jernih. Regulasinya tidak jelas padahal tumbuhnya cepat sekali,” tutur Erwin.

Berikutnya, Erwin juga memaparkan bahwa elemen kayu yang ada di macan pada tahun ini akan memberi makan kepada elemen api. Di dalam elemen api tersebut ada investasi berisiko tinggi seperti saham. Dengan demikian, perusahaan ekonomi baru akan banyak masuk ke pasar saham lewat penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) juga belum menjanjikan untuk bisa bertahan karena akan banyak kompetisi.

Dengan demikian, lanjut Erwin, hanya beberapa perusahaan yang bisnisnya akan langgeng pada tahun ini terutama dari sektor yang sudah memiliki regulasi yang jelas seperti perbankan. Tak hanya itu, perusahaan yang mengaplikasikan green economy juga dinilai akan lebih tahan banting dalam persaingan.

Adapun, hampir seluruh sektor usaha akan bangkit pada tahun ini. Namun, terdapat beberapa elemen yang lebih beruntung dibandingkan yang lain. Pada paruh pertama, elemen kayu (logistik, pertanian) dan tanah (properti, tambang, asuransi, peternakan, komoditas, logam mulia) disebut akan lebih baik.

Sementara itu, paruh kedua Tahun Macan Air akan menguntungkan sektor dari elemen logam dan api, seperti saham dan energi. Erwin menyebut pasar saham yang termasuk elemen api akan lebih bergairah pada paruh kedua Tahun Macan Air.

“Kalau sektor yang logam, seperti jual-beli mesin-mesin atau yang membuat logam itu sendiri, pekerjaan kenotariatan dan hukum juga akan lebih banyak di paruh kedua,” ujar Erwin.

Oleh karena itu, hampir semua sektor usaha akan diuntungkan pada Tahun Macan Air, Erwin menunjukkan hanya perusahaan yang mengedepankan aspek ekonomi hijau dan SDM manajemen yang baik yang akan mencapai keuntungan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek fengshui rekomendasi saham ramalan shio
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top