GoFood Pelopori Robot Otomatis untuk Fitur Order Sekaligus

Teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba untuk mengidentifikasi tingkat efisiensi operasional proses pemesanan makanan.
Keterangan foto: Robot Otomatis untuk Fitur Order Sekaligus di GoFood
Keterangan foto: Robot Otomatis untuk Fitur Order Sekaligus di GoFood

Bisnis.com, JAKARTA - GoFood pelopori teknologi otomasi di layanan pesan-antar makanan memanfaatkan robot otomatis. 

Inovasi ini dilakukan untuk mendukung proses operasional pemesanan makanan pada fitur Order Sekaligus. Pengadopsian teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba untuk mengidentifikasi tingkat efisiensi operasional proses pemesanan makanan, termasuk meningkatkan kenyamanan mitra driver dalam menerima pesanan.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa inovasi selalu menjadi denyut nadi di Gojek. 

"Secara konsisten, kami terus mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi. Pemanfaatan teknologi robot otomatis ini akan berperan penting dalam menganalisa bagaimana sistem otomasi dapat membuat operasional GoFood lebih efisien dan mulus, termasuk mempermudah mitra driver karena dapat mengambil pesanan secara terpusat. Kami menggandeng PT Pudu Robot Indonesia, sebuah perusahaan teknologi terdepan yang salah satu fokusnya adalah teknologi robot layanan komersial, karena misi yang sama - yaitu menciptakan kemudahan dan efisiensi proses berbasis teknologi," ucapnya.

Catherine melanjutkan, robot otomatis yang digunakan GoFood akan mengonsolidasi pesanan fitur GoFood Order Sekaligus dari berbagai mitra merchant yang berada di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG) sebelum menyerahkannya kepada counter kasir sebagai titik pengumpulan untuk selanjutnya diambil oleh mitra driver untuk pengantaran ke konsumen.

Order sekaligus, tuturnya, merupakan salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan atau minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi, melalui satu pengiriman. Fitur Order Sekaligus ki bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8 kali sejak diperkenalkan pada September 2020.

Dia menjelaskan, pengadopsian teknologi robot otomatis ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta hingga pertengahan Maret 2022 nanti.

Calvin Lukmantara, Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia, mengungkapkan antusiasmenya bekerja sama dengan GoFood. 

“Sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu kami sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan.

Bellabot yang merupakan salah satu produk unggulan yang memiliki beberapa kelebihan, mulai dari sensor 3D dan kerangka modular sehingga aman apabila terhalang objek, pengoperasian robot dengan multi cara seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan, serta navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi.

"Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot di salah satu fiturnya," ucapnya.

Inovasi teknologi robot otomatis ini kian menggarisbawahi kepemimpinan GoFood di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta mitra driver. Robot otomatis ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh mitra yang melayani pesanan pelanggan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper