Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Vaksin Booster, Panorama (PANR) Yakin Kinerja 2022 Pulih ke Sebelum Pandemi

Vaksin Covid-19 booster akan memberikan persepsi positif ke luar negeri bahwa Indonesia adalah negara yang aman.
PT Panorama Sentrawisata Tbk/istimewa
PT Panorama Sentrawisata Tbk/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten jasa pariwisata, PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) menyambut vaksinasi Covid-19 booster yang dilaksanakan pemerintah. Perseroan juga terus kembangkan teknologi dalam memenuhi pengalaman wisata pelanggannya.

VP Brand and Communication Panorama Groups AB Sadewa menjelaskan vaksin Covid-19 booster akan memberikan persepsi positif ke luar negeri bahwa Indonesia adalah negara yang aman.

Selain itu, sentimen vaksin booster ke dalam negeri memberi keyakinan bahwa aktivitas bisnis dapat semakin cepat pulih jika vaksinasi booster segera dieksekusi

"Tentunya kedua persepsi tadi berdampak kepada sektor pariwisata, di mana orang akan lebih confidence untuk melakukan perjalanan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah kebijakan perjalanan [karantina, PCR check, e-Visa] harus dibuat friendly kepada wisatawan jika memang pemerintah berpihak pada sektor pariwisata," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (12/1/2022).

Emiten berkode PANR ini melihat kebijakan-kebijakan seperti karantina, tes PCR, hingga e-Visa masih harus ditingkatkan agar menjadi ramah pariwisata. Dengan begitu, masyarakat tetap dapat bepergian dengan protokol kesehatan yang ketat.

Lebih lanjut, dia melihat ada permintaan pariwisata yang kuat sepanjang 2021 baik dari pasar wisatawan mancanegara ataupun nusantara. Dengan demikian, strategi PANR melakukan refocusing pada customer experience dengan sentuhan travel-tech pada 2022.

"Juga kita akan perdalam penetrasi kita untuk mengelola wisata dalam negeri," katanya.

Di sisi lain, pada 2022 ini PANR juga tetap dalam proses persiapan rights issue dalam rangka memperkuat struktur modal perseroan untuk menjalankan rencana kerja dimana salah satu fokusnya menjadikan perseroan sebagai travel-tech company.

Sadewa menargetkan kinerja pada 2022 dapat kembali ke level sebelum pandemi yakni pada 2019. Ketika itu, PANR membukukan pendapatan Rp4,14 triliun pada 2019, tumbuh 3,74 persen year-on-year (yoy) dari 2018 Rp3,99 triliun.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper