Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! J Resources (PSAB) Jual Tambang Emas ke Provident Rp2,13 Triliun

Pertimbangan PSAB dalam melakukan pelepasan saham milik PT J Resources Nusantara (JRN) dalam PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) adalah berdasarkan pertimbangan bisnis.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 01 Januari 2022  |  13:34 WIB
Aktivitas pertambangan di wilayah operasional PT J Resources Asia Pasifik Tbk. - jresource.co.id
Aktivitas pertambangan di wilayah operasional PT J Resources Asia Pasifik Tbk. - jresource.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) menjual seluruh saham milik anak usahanya, PT J Resources Nusantara (JRN) dalam PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) kepada PT Andalan Bersama Investama (ABI).

"Total nilai transaksi sebesar Rp2,13 triliun atau setara US$150 juta," tulis manajemen PSAB dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Sabtu (1/1/2022).

JRN sebelumnya memiliki 751.949.753 saham dalam GSM, dengan nominal sebesar Rp2.167.

Manajemen PSAB menuturkan, pertimbangan perseroan dalam melakukan pelepasan saham milik JRN di GSM berdasarkan pertimbangan bisnis. PSAB bermaksud untuk mengembangkan aset pertambangan emas lainnya yang dimiliki oleh perseroan.

"Dengan transaksi tersebut, perseroan berharap dapat meningkatkan likuiditas perseroan yang dapat digunakan untuk mendukung modal kerja perseroan, dan atau anak-anak perusahaan perseroan," kata Manajemen PSAB.

Selain itu, transaksi ini diharapkan dapat mengurangi beban pinjaman perseroan, serta pembangunan atau pengembangan aset-aset pertambangan emas lainnya miliki perseroan.

Manajemen PSAB berharap transaksi ini dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan konsolidasi perseroan pada masa yang akan datang, dengan potensi peningkatan pendapatan dan potensi penurunan beban keuangan, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan konsolidasi perseroan dan memberikan kontribusi positif ke seluruh pemegang saham perseroan.

Sebagai informasi, PT Andalan Bersama Investama (ABI) merupakan afiliasi perusahaan tambang PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA). MDKA tercatat baru saja mengambil alih saham PT Andalan Bersama Investama (ABI) senilai Rp1,14 triliun pada Jumat (31/12/2021).

MDKA akan mengambil bagian atas saham ABI. ABI adalah afiliasi dari salah satu pengendali perseroan yaitu PT Provident Capital Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis dari laporan tahunan J Resources, GSM menjadi pemegang kontrak karya (KK) seluas 14.570 hektare yang terbagi ke dalam tiga blok yang terpisah yakni Blok Pani di Provinsi Gorontalo, Blok Bolangitang di Provinsi Sulawesi Utara, dan Blok Bulagidun di Provinsi Sulawesi Tengah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

divestasi j resources merdeka copper
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top