Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak Mentah Masih Jadi Komoditas Energi Favorit di Tahun 2021

Pertumbuhan transaksi minyak mentah sepanjang 2021 mencapai angka yang cukup fantastis dengan pertumbuhan yaitu sebesar 173 persen, dibandingkan dengan transaksi yang terjadi sepanjang 2020 lalu.
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg
Anjungan minyak di Teluk Meksiko, AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun permintaan melandai, komoditas minyak mentah masih jadi primadona pelaku pasar hingga akhir 2021.

Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX) sendiri mencatat pertumbuhan transaksi minyak mentah sepanjang 2021 mencapai angka yang cukup fantastis dengan pertumbuhan yaitu sebesar 173 persen, dibandingkan dengan transaksi yang terjadi sepanjang 2020 lalu.

Dari sisi harga, harga minyak dunia berdasarkan benchmark West Texas Intermediate (WTI) sempat menguat 79 persen sejak awal tahun dan menyentuh US$85,41 per barel pada akhir bulan Oktober lalu.

Pembentukan harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Tim Research & Development ICDX Nikolas Prasetia menatakan titik balik perang melawan Covid-19 mulai membuahkan hasil pada tahun 2021. Sebagian besar penduduk dunia telah melakukan vaksinasi yang memberikan kekebalan terhadap penyebaran Covid-19.

“Dengan kondisi tersebut, sejumlah negara di dunia pun mulai kembali memutar roda perekonomiannya yang berdampak pada kembali meningkatnya permintaan terhadap minyak mentah dan beberapa sumber energi fosil lainnya sebagai bahan dasar listrik yang digunakan untuk kegiatan industri sehingga dapat kembali beroperasi,” jelas Nikolas Prasetia melalui siaran resmi, Selasa (28/12/2021).

Jumlah permintaan yang melonjak tersebut tidak hanya disebabkan oleh perbaikan perputaran roda ekonomi, tapi juga karena faktor lain yaitu krisis energi.

Seperti yang terjadi di Eropa, kekurangan cadangan gas alam pada musim dingin 2020 menjadi penyebab negara-negara Eropa melakukan pembelian energi fosil dalam bentuk lainnya, seperti minyak mentah yang menjadi pengganti gas alam sebagai energi penghangat pada musim dingin lalu.

Selain Eropa, China yang bergantung besar pada batu bara, pada awal tahun ini berkomitmen untuk melakukan penurunan emisi dari penggunaan batu bara yang diimplementasikan melalui penurunan produksi batu bara.

Efek penurunan penggunaan batu bara tersebut berdampak negatif pada sejumlah wilayah di China yang tidak mampu mempertahankan cadangan listriknya, sehingga permintaan energi harus beralih pada komoditi minyak mentah sebagai sumber untuk pembangkit listrik.

“Tingginya permintaan tersebut berhasil membuat harga minyak mentah dunia termasuk benchmark WTI dan Brent meningkat jika dibandingkan pembukaan perdagangan di awal 2020,” imbuhnya.

Sementara itu, sejak awal kuartal keempat 2021, tren perdagangan harga minyak terjadi koreksi akibat kekhawatiran pasar atas varian baru Covid-19 yang diwaspadai dapat kembali menekan permintaan terhadap minyak mentah, karena penerapan kembali pembatasan sosial yang menurunkan permintaan energi baik untuk listrik maupun untuk bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper