Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil FX Sutijastoto, Komisaris Utama Antam yang Ahli Energi Terbarukan

F.X. Sutijastoto diangkat sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Antam, menggantikan Agus Surya Bakti.
FX Sutijastoto jadi Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM). Istimewa
FX Sutijastoto jadi Komisaris Utama PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk jajaran komisaris dan direksi PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (23/12/2021).

F.X. Sutijastoto diangkat sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Antam, menggantikan Agus Surya Bakti. Kemudian, Komisaris yang diganti ada Dadan Kusdiana, digantikan oleh Dio Seno Widagdo.

Sutijastoto saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Koversi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak 2019.

Sebelumnya, dia juga memegang sejumlah jabatan penting di Kementerian ESDM, seperti Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi Sumber Daya Mineral (2013-2019), Staff Ahli Bidang Investasi & Produksi (2011-2013), Kepala Pusat Data & Informasi ESDM (2010-2011)

Sutijastoto lahir di Denpasar, 3 Oktober 1960 menempuh pendidikan S2 Master of Arts University of Toronto (1993), S1 Statistika Institut Pertanian Bogor (1984). Saat ini, dia juga menjabat sebagai komisaris anak usaha PLN, yakni PT Indonesia Power.

Sementara itu, sisanya Komisaris Independen Antam adalah Gumilar Rusliwa Somantri dan Anang Sri Kusuwardono, serta Komisaris Bambang Sunarwibowo tetap.

Posisi Direktur Utama Antam kini diisi oleh Nikolas D. Kanter atau Nico Kanter, menggantikan Dana Amin. Selanjutnya, Direktur Operasi dan Produksi diisi oleh I Dewa Bagus Sugata, menggantikan Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis Risono.

Kemudian, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko yang sebelumnya diemban oleh Anton Herdianto sekarang digantikan oleh Elisabeth R.T. Siahaan. Direktur Sumber Daya Manusia juha digantikan oleh Basar Simanjutak dari sebelumnya Luki Setiawan Suardi.

Adapun, selain perubahan nomenklatur pada Direktur Operasi dan Produksi, juga terdapat tambahan Direktur Pengembangan Usaha yang diemban oleh Dolok Robert Silaban.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak yang diganti atas kontribusinya kepada Antam selama ini. Kami terus memastikan kinerja positif dengan melaksanakan protokol kesehatan, melakukan efisiensi. Kami harapkan bisa menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi ke depan,” ujar Sekretaris Perusahaan Antam Yulan Kustiyan usai RUPSLB, Kamis (23/12/2021).

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi Antam terbaru.

Dewan Komisaris

Komisaris Utama dan Independen: F.X. Sutijastoto

Komisaris Independen: Gumilar Rusliwa Somantri

Komisaris Independen: Anang Sri Kusuwardono

Komisaris: Dio Seno Widagdo

Komisaris: Bambang Sunarwibowo

 

Dewan Direksi

Direktur Utama: Nicolas D. Kanter

Direktur Operasi dan Produksi: I Dewa Bagus Sugata

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Elisabeth R.T. Siahaan

Direktur Pengembangan Usaha: Dolok Robert Silaban

Direktur SDM: Basar Simanjuntak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper