Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aturan Masuk Papan Utama Diubah, Minat IPO Startup Meningkat?

Aturan masuk papan utama terbaru ini akan disambut baik oleh beberapa emiten-emiten tertentu seperti Bukalapak (BUKA), ataupun GoTo yang rencananya mau IPO.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  16:19 WIB
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Perubahan pencatatan saham papan utama diperkirakan mampu menaikkan gairah initial public offering (IPO), terutapa bagi perusahaan rintisan atau startup.

Analis Sucor Sekuritas Paulus Jimmy mengatakan perubahan aturan itu akan meningkat gairah pencatatan saham oleh perusahaan rintisan. Pasalnya, emiten bisa masuk dalam papan utama sekalipun belum mencetak laba.

"Tentunya akan meningkatkan gairah IPO startup yang secara buku belum semua mencetak keuntungan," katanya kepada Bisnis, Rabu (22/12/2021).

Jimmy menambahkan tentunya aturan anyar itu akan disambut baik oleh beberapa emiten-emiten tertentu seperti Bukalapak ataupun Goto yang rencananya mau IPO.

Selain itu, Jimmy menilai tidak banyak perbedaan antara emiten dalam papan utama ataupun pengembangan.

Menurutnya hal tersebut akan menaikkan status emiten di mata investor menjadi lebih bonafit.

Sementara itu, Fairuza Ahmad Iqbal, Head of Media & Communication Bukalapak, mengatakan bila perseroan akan mengikuti segala kebijakan yang berlaku di pasar modal. Emiten teknologi itu menyerahkan segala aturan main kepada BEI dan juga Otoritas Jasa Keuangan.

Meski demikian, dia melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang positif. "Kami juga melihat bahwa perkembangan ini merupakan hal yang positif bagi capital market Indonesia yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," katanya kepada Bisnis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia ipo StartUp initial public offering
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top