Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Papan pengawasan khusus bakal dibuat untuk menempatkan saham-saham yang kini diperdagangkan di level gocap atau level terendah. (Bisnis - Nurul Hidayat)
Lihat Foto
Premium

Mengintip Parade Saham Paling Cuan dari IPO 2021

Sejumlah perusahaan berhasil mencatatkan kinerja saham yang fantastis setelah melakukan IPO pada tahun ini. Siapa saja dan apa saja penyebabnya?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
22 Desember 2021 | 14:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Parade aksi penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di Indonesia, boleh dibilang cukup ramai sepanjang 2021 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan begitu, tahun ini menjadi momentum yang menggembirakan bagi pasar IPO. Jumlah kesepakatan IPO di Indonesia tumbuh moderat dari 51 perusahaan pada 2020 menjadi 53 perusahaan pada tahun ini.

Adapun pendapatan dari IPO telah mencapai Rp60,5 triliun pada tahun ini. Jumlah tersebut sejauh ini merupakan total dana IPO tahunan terbesar selama 10 tahun terakhir.

Head of IDX Incubator Aditya Nugraha menjelaskan semaraknya IPO di Tanah Air tak lepas dari langkah BEI yang banyak melakukan edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan literasi keuangan terutama di pasar modal, sekaligus membentuk investment society di Tanah Air.

“Perusahaan teknologi yang melakukan IPO memiliki kecenderungan belum membukukan profit dalam waktu dekat. Nah, karakteristik ini yang harus dipahami betul oleh investor,” katanya.

Chief Economist Bank Permata Josua Pardede menambahkan bahwa peningkatan jumlah IPO di Indonesia pada tahun ini terjadi karena, banyak perusahaan yang menunda aktivitas tersebut akibat merebaknya badai virus Corona pada 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top