Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Mata Uang Terendah dan Termurah di Dunia

Berikut 10 mata uang terlemha dan termurah di dunia, ada dari Indonesia.
Bendera Venezuela/wikipedia
Bendera Venezuela/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Kita semua telah membaca dan mendengar tentang mata uang terkuat di dunia. Pound Sterling Inggris, Dolar AS, Franc Swiss, dan Euro antara lain adalah mata uang paling terkenal di dunia.

Negara-negara yang mengeluarkan mata uang ini sangat stabil, dikategorikan terkuat dan tertinggi di dunia.

Selain mata uang tertinggi, tahukah Anda ada beberapa negara yang memiliki mata uang termurah di dunia.

Dilansir dari in.lastminute.com (09/11/2021) berikut 10 mata uang terlemha dan termurah di dunia :

1. Venezuela

Nilai mata uang bolivar Venezeula menjadi yang paling rendah di dunia. Saat ini saja, 1 dolar AS bernilai 441.771 bolivar. Ini menjadikan Venezuela dengan mata uang terendah di dunia.

2. Rial Iran

Untuk 1 US dolar, setara dengan 42.200 rial.

Beberapa alasan menyebabkan penurunan Rial Iran; perang antara Iran dan Irak, ancaman yang dihadapi Israel, dan bahaya kemungkinan perang nuklir. Karena itu, langkah-langkah seperti pembatasan akses 'Iran ke 'pasar dunia diterapkan, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian yang signifikan terhadap ekonominya.

Iran adalah pengekspor minyak utama, negara itu juga kehilangan kesempatan untuk mengekspor minyaknya. Ini sekali lagi menciptakan defisit penting dalam anggaran nasional 'Iran.

Semua peristiwa ini menyebabkan jatuhnya Rial Iran sebagai mata uang dengan nilai terendah. Amerika Serikat dan Uni Eropa, pada tahun 2016, mencabut beberapa sanksi yang mengarah pada peningkatan 'situasi ekonomi Iran dan stabilisasi Rial. Namun, pada tahun 2018, Amerika Serikat kembali memberlakukan dan mempertajam sanksinya.

3. Dong Vietnam

Mata uang termurah kedua di dunia adalah Dong Vietnam. Vietnam masih di jalan kemajuan lengkap dari ekonomi terpusat ke ekonomi pasar. Akibatnya, Dong Vietnam adalah mata uang yang paling tidak bernilai. Sangat terdevaluasi dalam hal mata uang dunia lainnya, ia memiliki salah satu nilai tukar mata uang terendah di semua negara kecuali Iran.

1 dolar AS nilainya setara dengan 27.900 dong.

Namun, para ahli dalam masalah mata uang mengklaim bahwa pemerintah Vietnam sedang bergerak maju di jalan yang benar menuju pertumbuhan dan akan segera menyusul tetangganya di Asia. Segera, Dong Vietnam mungkin tidak akan masuk dalam daftar mata uang termurah di dunia.

4. Rupiah Indonesia

Akibat rendahnya nilai uang kertas bekas, maka Perpres 5 September 2016 mengeluarkan 7 uang kertas baru pecahannya berkisar antara seribu sampai seratus ribu rupiah. Meskipun Indonesia adalah negara yang stabil secara ekonomi dan maju di Asia Tenggara, Rupiah memiliki nilai tukar yang sangat rendah.

Tercatat, 1 dolar AS sama dengan Rp14.277.

Otoritas pengatur yang beroperasi di negara tersebut telah menerapkan semua langkah untuk memperkuat mata uang nasional. Namun, hingga saat ini, semua upaya tersebut hanya membuahkan perubahan kecil yang tidak signifikan.

5. Franc Guinea

Salah satu mata uang yang paling meningkat, Franc Guinea adalah mata uang resmi Guinea. Sebuah negara Afrika dengan tingkat inflasi yang tinggi, meningkatnya kemiskinan, dan prevalensi gangster, Guinea telah menderita devaluasi mata uang untuk waktu yang lama.

1 dolar AS setara dengan 9.150 franc.

Aspek yang paling menakjubkan dari negara ini adalah kekayaan alam seperti emas, aluminium, dan berlian yang ditemukan berlimpah di sini. Dengan semua sumber daya tersebut, mata uang harus menjadi salah satu nilai yang besar. Sayangnya, ini tidak terjadi.

6. Lao atau Kip Laos

Sebagai satu-satunya mata uang dalam daftar mata uang termurah di dunia yang tidak mengalami devaluasi adalah Kip Laos. Sebagai satu-satunya mata uang yang awalnya diperkenalkan dengan nilai tukar yang sangat rendah, mata uang ini telah menderita nilai tukar yang sangat rendah selama bertahun-tahun.

Sejak tahun 1952, tahun penerbitannya, Kip Laos belum mampu memperkuat dirinya terhadap nilai Dolar AS. Terlepas dari kenyataan ini, nilai mata uang ini terus meningkat secara bertahap.

Adapun, 1 dolar AS setara dengan 10.133 Kip.

7. Sierra leone leone

Sebuah negara Afrika yang sangat miskin, Sierra Leone terus-menerus rentan terhadap banyak kemunduran dan penderitaan. Dengan tingkat pembangunan ekonomi dan sosial yang sangat rendah, mata uang telah mengalami devaluasi yang konsisten selama bertahun-tahun. Sebagai negara yang telah melalui banyak ujian serius, mata uang lokal pasti akan mengalami devaluasi.

Perang baru-baru ini yang terjadi di Sierra Leone semakin menurunkan nilai tukar Sierra Leone Leone. Virus Ebola mematikan yang telah berulang untuk waktu yang lama juga berkontribusi pada melemahnya Sierra Leone Leone.

Nilai 1 dolar AS sama dengan 10.650 Sierra Leone.

8. Som Uzbekistan

Som Uzbekistan kontemporer mulai beredar sejak 1 Juli 1994. Dengan rasio 1 Som berbanding 1000 Som-kupon, penerbitannya dilakukan dengan Keputusan Presiden Uzbekistan.

Sejak 5 September 2017, kebijakan moneter Uzbekistan telah liberal. Akibatnya, nilai tukar Som Uzbekistan terhadap Dolar AS ditetapkan pada 1 USD = 8100 UZS. Ini dilakukan dengan kisaran perkiraan sekitar 8000 – 8150 Som Uzbekistan hingga 1 Dolar AS. Sedangkan saat ini 1 dolar AS seharga 10.760 Som.

9. Guarani Paraguay

Negara termiskin kedua di Amerika Selatan, Paraguay telah menjadi korban kemunduran ekonomi yang mengerikan, inflasi yang menghancurkan, korupsi yang tidak terkendali, kualitas pendidikan yang rendah, dan tingkat pengangguran yang tinggi. Karena rendahnya tingkat pembangunan ekonomi yang berlaku di negara ini, nilai Guarani Paraguay sangat menderita.

Negara ini merupakan pengekspor kedelai dan kapas. Namun, pendapatan yang diperoleh dari ekspor ini hampir tidak cukup untuk menutupi tingginya biaya impornya. Akibatnya, Guarani Paraguay adalah salah satu mata uang termurah di dunia.

Nilai mata uangnya setara 6.910 Guarani untuk 1 dolar.

10. Riel Kamboja

Mata uang negara raja Kamboja di Asia Tenggara, Riel Kamboja adalah salah satu yang penting dalam daftar mata uang termurah di dunia. Dikeluarkan pada tahun 1995 untuk menggantikan Piaster Indochina, mata uang ini pada awalnya memiliki nilai tukar yang lebih rendah. Riel Kamboja pada awalnya tidak populer di kalangan orang Kamboja yang lebih suka menggunakan mata uang asing.

Bahkan saat ini, mereka memilih untuk menggunakan Dolar AS untuk banyak pembayaran. Oleh karena itu, nilai Riel Kamboja terus mendevaluasi secara luas.

1 dolar AS setara dengan 4.060 riel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper