Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dibayangi Pelemahan Harga Komoditas, Ini Prospek IHSG Pekan Depan

IHSG dibayangi rilis kinerja emiten per kuartal III/2021 dan fluktuasi harga komoditas pada pekan depan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  19:41 WIB
Pegawai melintas di depan layar monitor perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (3/6/2020). Bisnis - Abdurachman
Pegawai melintas di depan layar monitor perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (3/6/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Rilis laporan keuangan kuartal III/2021 dan penurunan harga komoditas akan menjadi katalis utama yang mempengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan depan.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Jumat (22/10/2021) IHSG parkir pada posisi 6.643,73, naik 0,16 persen atau 10,76 poin.

Tercatat, 246 saham menguat, 270 saham melemah dan 147 saham bergerak ditempat. Investor asing membukukan net foreign buy sebesar Rp1,19 triliun.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan pergerakan IHSG pada pekan depan akan dipengaruhi oleh rilis laporan keuangan kuartal III/2021.

Ia memaparkan, beberapa sektor masih mencatatkan kinerja kurang memuaskan akibat PPKM di awal bulan Juli. Meski demikian, sejumlah sektor juga mulai menunjukkan peningkatan kinerja keuangan seiring dengan pelonggaran PPKM yang terjadi.

Sentimen lain yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG adalah penurunan harga komoditas , terutama batu bara. Menurut Dennies, sentimen ini merupakan pendorong utama IHSG sejak akhir September lalu.

“Penurunan ini cukup menekan performa IHSG sepekan terakhir dan masih akan berpengaruh pada pekan depan. Saya rasa masih bisa tertekan di awal pekan mendatang,” jelasnya saat dihubungi pada Jumat (22/10/2021).

Seiring dengan hal tersebut, Dennies menyarankan investor untuk mencermati saham-saham pada sektor perbankan, properti dan konstruksi untuk perdagangan minggu depan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham Kinerja Emiten
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top