Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Investor, Ini Reksa Dana Paling Moncer Dalam Sebulan Terakhir!

Produk reksa dana saham Nikko Indonesia Equity Fund terpantau memberikan return paling tinggi sebesar 18,25 persen dalam sebulan terakhir.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah reksa dana saham mencetak kinerja ciamik selama sebulan terakhir mengalahkan kinerja jenis reksa dana lainnya.

Adapun, dalam sebulan terakhir hanya reksa dana saham dan reksa dana campuran yang mampu memberikan imbal hasil dobel digit ditopang oleh kinerja saham yang terapresiasi ke level tertinggi sepanjang tahun berjalan.

Produk reksa dana saham Nikko Indonesia Equity Fund terpantau memberikan return paling tinggi sebesar 18,25 persen dalam sebulan terakhir (Month-on-Month/MoM) per 15 Oktober 2021. Selanjutnya produk reksa dana saham Nikko Saham Pembangunan Indonesia memberikan return 17,36 persen.

Produk reksa dana campuran besutan Nikko Asset Management ini yaitu Nikko BUMN Plus juga menjadi jawara di kelasnya dengan kinerja 13,46 persen.

Berdasarkan data Infovesta Utama pada periode 8-15 Oktober 2021, kinerja indeks reksa dana saham yang tercermin lewat Infovesta Equity Fund Index berada di posisi paling tinggi sebesar 1,65 persen. Pada saat bersamaan, indeks acuannya yaitu IHSG menguat 2,34 persen.

Berikutnya, indeks reksa dana campuran yang tercermin lewat Infovesta Balanced Fund Index mengikuti sebesar 1,10 persen.

Indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin lewat Infovesta Fixed Income Fund Index tercatat sebesar 0,39 persen dan indeks reksa dana pasar uang yang tercermin lewat Infovesta Money Market Fund Market Index sebesar 0,06 persen.

Adapun, IHSG telah menguat ke level tertinggi di sepanjang tahun ini ke atas 6.600. Hal itu seiring dengan kembalinya aliran modal asing (foreign capital inflow) di pasar reguler sebesar Rp7,19 persen sebagai respons positif atas penurunan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Statistik neraca dagang yang surplus seiring dengan kenaikan ekspor didukung oleh kenaikan harga komoditas juga menopang nilai tukar rupiah ke level Rp14.070 per dolar AS. Kondisi ini pun mendorong kenaikan kinerja indeks reksa dana saham, campuran, dan bahkan pendapatan tetap pada pekan lalu.

Kinerja Reksa Dana Return Tertinggi Secara Bulanan (MoM) per 15 Oktober 2021:

No

Reksa Dana

Kinerja

Reksa Dana Saham

1

Nikko Indonesia Equity Fund

18,25

2

Nikko Saham Pembangunan Indonesia

17,36

3

Avrist Equity Growth Fund

14,70

Reksa Dana Campuran

1

Nikko BUMN Plus

13,46

2

GAP Dana Kombinasi

11,89

3

SAM Mutiara Nusa Campuran

11,66

Reksa Dana Pendapatan Tetap

1

Trimegah Dana Tetap Nusantara

4,66

2

Danareksa Melati Pndptn Tetap Multi Plus

3,75

3

Mandiri Obligasi Optima II

3,67

Reksa Dana Pasar Uang

1

Syailendra Money Market Fund 2

0,68

2

Insigt Money

0,47

3

Simas Pasar Uang Indonesia

0,42

Sumber: Infovesta Utama

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper