Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hikmah Kasus Jouska: Pelajari Profil dan Rekam Jejak Pengelola Investasi

Investor perlu berhati-hati dan perlu mencari tahu latar belakang dari lembaga keuangan yang menjadi acuan investor.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 12 Oktober 2021  |  20:39 WIB
Hikmah Kasus Jouska: Pelajari Profil dan Rekam Jejak Pengelola Investasi
CEO Jouska Aakar Abyasa Fidzuno di kantor Jouska pada Senin (8/4/2019). - Bisnis/Deandra Syarizka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebelum terbelit kasus penipuan investasi, PT Jouska Finansial Indonesia (Jouska) sempat populer melalui media sosial, Instagram dan menjadi salah satu medium informasi bagi investor.

Namun ternyata kepopulerannya tidak menjamin lembaga tersebut aman bagi investor. Terbukti dengan Jouska yang mengaku sebagai perencana keuangan ternyata tidak terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan melakukan tindakan ilegal.

Chairman dan Presiden Asosiasi Perencana Keuangan (IARFC) atau International Association of Register Financial Consultant Indonesia Aidil Akbar Madjid mengingatkan investor untuk berhati-hati dan perlu mencari tahu latar belakang dari lembaga keuangan yang menjadi acuan investor.

“Sesuatu yang tampil sangat wah di sosial media tidak serta merta mereka punya kode etik, tidak serta merta bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan benar jadi kita harus berhati-hati,” ungkap Aidil kepada Bisnis, Selasa (12/10/2021).

Melalui kasus Jouska ini, Aidil mengingatkan bahwa investor jangan mudah terbuai dengan lembaga keuangan yang populer di media sosial.

Menurutnya, penting bagi investor untuk cek background suatu lembaga keuangan, mulai dari memeriksa izin yang dimiliki ataupun mencari tahu melalui berbagai platform yang ada tidak hanya berpatokan di media sosial.

Cara mudahnya bisa memeriksanya melalui website asosiasi perencana keuangan yang resmi diantaranya IARFC, dari laman tersebut terdapat daftar perencana keuangan yang telah terdaftar resmi di OJK.

Jika masih kurang puas dengan informasi yang ada, investor bisa menghubungi customer service dari asosiasi. Selain itu, juga perlu untuk mencari tahu siapa saja dibalik lembaga keuangan tersebut, apakah mereka semua sudah tersertifikasi melalui asosiasi atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penipuan penipuan investasi Influencer Jouska
Editor : Farid Firdaus
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top