Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga CPO Meroket, Perhatikan Laju Saham AALI hingga SIMP

Kenaikan harga CPO akan menjaga kinerja para emiten perkebunan, ditambah lagi dengan kenaikan permintaan komoditas tersebut.
Lahan Sawit. /PTPN V
Lahan Sawit. /PTPN V

Bisnis.com, JAKARTA – Analis merekomendasikan beberapa saham emiten perkebunan dengan pasar yang besar seiring dengan tren kenaikan harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

Analis Senior dari Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada mengungkapkan pergerakan harga CPO biasanya digerakkan oleh kenaikan permintaan yang ada, atau adanya berita oversupply.

Selain itu, juga dengan adanya kebijakan pemerintah baik di dalam maupun luar negeri. Misalnya, ungkap Reza yang pernah terjadi sebelumnya yaitu larangan impor oleh Eropa yang membuat adanya sentimen negatif bagi harga CPO.

“Kalau untuk CPO, penggeraknya biasanya terkait dengan permintaan yang ada, atau berita oversupply, dan juga kebijakan baik di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Reza saat dihubungi Bisnis, Rabu (6/10/2021).

Berdasarkan data dari Bursa Malaysia pada Rabu (6/10/2021), harga CPO untuk kontrak Desember 2021 sempat mencapai harga tertinggi pada 4.879 ringgit per ton sebelum tiba di harga setelmen 4.738 ringgit per ton.

Sementara itu, harga CPO berjangka kontrak pengiriman  Januari 2022 terpantau naik 130 poin ke 4.646 ringgit per ton setelah sempat mencapai titik tertingginya pada 4.780 ringgit per ton.

Kenaikan harga CPO ini pun menurutnya akan menjaga kinerja emiten-emiten perkebunan, ditambah lagi dengan kenaikan permintaan komoditas tersebut.

Reza pun merekomendasikan beberapa emiten perkebunan yang menarik untuk dikoleksi oleh investor karena pangsa pasar yang yang besar dan harga sahamnya yang cenderung menguat.

Beberapa emiten tersebut diantaranya, AALI, LSIP, SSMS, dan SIMP.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper