Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Merger, Pelindo I-IV Lakukan Pemetaan & Rotasi SDM

untuk tahap awal masa transisi dalam penggabungan seluruh Pelindo ini rotasi akan dilakukan terhadap pejabat struktural satu atau dua tingkat di bawah direksi.
Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto/ Bisnis
Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto/ Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I - IV terus mempersiapkan diri menjelang peresmian merger yang direncanakan pada 1 Oktober 2021 salah satunya terkait rotasi dan pemetaan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan kompetensinya.

Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan total karyawan di Pelindo I - IV saat ini tercatat sebanyak 7.000 an. Untuk tahap awal masa transisi dalam penggabungan seluruh Pelindo ini rotasi akan dilakukan terhadap pejabat struktural satu atau dua tingkat di bawah direksi.

“Jadi tahap awal adalah karyawan yang satu tingkat di bawah direksi atau dia tingkat di bawah direksi akan dibawa ke pusat, karena yang dibutuhkan saat ini adalah strategi untuk menyiapkan [merger] Pelindo ini,” jelasnya kepada sejumlah media di Surabaya, Selasa sore (28/9/2021).

Dia mengatakan dalam melakukan rotasi terhadap ribuan karyawan tersebut tentunya harus mempertimbangkan kompetensi, dan ini merupakan bagian dari peningkatan kompetensi agar terjadi standarisasi di seluruh Pelindo.

“Jadi yang harus distandarisasikan bukan hanya sistem pelabuhannya saja, buka hanya infratsrukturnya saja, tetapi juga kompetensinya, sehingga secara mobility akan terjadi pemerataan Pelindo di Indonesia sesuai dengan tujuan utama dari merger ini,” jelasnya.

Edi mencontohkan misalnya dari Pelindo III terdapat 20 orang yang kompeten maka akan diambil untuk bekerja di kantor pusat Jakarta, tetapi tetap bersifat seusai dengan kebutuhan. 

“Yang dilakukan sesuai kebutuhan organisasi, bukan sekedar diacak, sebab sebenernya fungsi operasional tidak ada yang berubah. Di pelabuhan cabang wilayah ya akan tetap berjalan, yang berubah hanya struktural di kantor pusat,” jelasnya.

Edi menambahkan pemetaan SDM khususnya pejabat struktural ini sudah dilakukan dan pihaknya sudah mendapatkan SDM dengan kompetensi sesuai kualifikasi. Namun dalam 3 - 4 bulan ke depan pihaknya akan melakukan evaluasi.

“Evaluasi akan dilakukan dalam 3 - 4 bulan ke depan, apakah posisi struktural tersebut sudah sesuai,” imbuhnya.

Edi mengatakan pada intinya integrasi Pelindo ini bertujuan untuk menstandarisasikan layanan pelabuhan yang merata dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur. Dalam memberikan layanan, SDM memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menjalankan stratgei bisnis yang lebih efisien dan menguntungkan.

“Jangan sampai layanan di Jakarta berbeda dengan di Medan atau Makassar. Lalu kalau sistemnya sudah sama tetapi orangnya berbeda standarnya, ini juga akan mempengaruhi kinerja layanan,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper