Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FTSE Russel Kocok Ulang Konstituen, Ini Rincian Daftar Sahamnya

Pada indeks saham berkapitalisasi besar (large cap), saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) masuk setelah keluar dari indeks saham berkapitalisasi kecil (small cap).
Ilustrasi FTSE Russel/Istimewa
Ilustrasi FTSE Russel/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia data dan indeks pasar modal Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russel merombak daftar saham dalam indeks FTSE Global Equity Index Series Asia Pacific Ex-Japan Ex-China.

Adapun perubahan dalam semi annual review ini akan efektif pada penutupan perdagangan Jumat (17/9/2021) atau pada awal perdagangan Senin (20/9/2021).

Secara keseluruhan, sebanyak 17 saham domestik dimasukkan dan 12 saham dikeluarkan dalam semi annual review kali ini. Sedangkan sisanya hanya berpindah kelas saja.

Berikut rincian perombakan saham-saham Indonesia dalam indeks FTSE Russell:

Untuk indeks saham berkapitalisasi besar (large cap), saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) masuk setelah keluar dari indeks saham berkapitalisasi kecil (small cap).

Sementara itu, saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) dikeluarkan dari indeks large cap dan masuk ke indeks saham berkapitalisasi menengah (mid cap).

Adapun dari kelompok indeks mid cap tidak ada saham yang dikeluarkan.

Selanjutnya kelompok saham kapitalisasi kecil (small cap), terdapat dua saham baru yang dimasukkan yaitu saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO) dan saham PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN).

Selain BRIS, saham PT Eagle High Plantations Tbk. juga dikeluarkan dari indeks small cap dan terhapus dalam rebalancing kali ini.

Sejumlah pendatang baru mewarnai kelompok micro cap yaitu INAF, DMAS, SSMS, TSPC, SMBR, ARNA, DSNG, AGII, MSIN, KIJA, UFOE, BWPT, PZZA, DILD, AISA, dan CFIN.

Sementara itu, saham HRUM, LINK, ERAA, IMAS, GMFI, WMUU, PTRO, WEGE, PPRE, TOTL, MBSS, dan JSKY didepak dari kelompok micro cap ini.

Di lantai bursa, saham BRIS menguat 0,47 persen menjadi Rp2.130 pada Selasa (15/9/2021) pukul 09.33 WIB. Sementara saham SMGR juga masih naik 0,84 persen menjadi Rp8.975 pada saat bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper